Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Aksesoris Mobil

Selasa, 12 Juli 2011 14:04 WIB

Aksesori Wajib City Alto, Fungsional Buat Harian

Penulis : Anton | Foto : Johan


JAKARTA - Sejatinya mobil harian perkotaan, desain eksterior dan interiornya menyesuaikan dengan peruntukan, yang lebih banyak bermain di atas aspal mulus. Namun di mata para penyuka gaya city ALTO, tampang standar besutan kota miliknya belum cukup memuaskan hasrat mereka yang memang sangat mencintai tampilan mobil jangkung.

Detil Komponen
Kebanyakan dari mereka yang mengaplikasi gaya city ALTO, menerapkan metoda detil komponen aksesori. Tujuannya untuk menunjang tampilan besutan terutama eksterior, agar terlihat lebih gagah dan terkesan beda dari biasanya.

Pernak-pernik yang dipakai juga tak asal pasang, lantaran tetap mengutamakan unsur fungsional dan estetika untuk keperluan harian. Seperti Mizi Nasution, pembesut Opel Blazer putih ini. "Saya pasang spion elektrik pakai folding dari Nissan X-Trail, biar lebih aman kalau sedang parkir di lokasi yang sempit," jelas Mizi.

 Spion tanduk di ujung kiri kap mesin menjadi peranti paling diminati
 Selain menggunakan aksesori fungsional tadi, Mizi juga tetap mengoptimalkan kenyamanan kabin, dengan mengganti lapisan kaca film standar dengan produk 3M Black Beauty. Pasalnya tingkat kegelapan lapisan pelindung sinar matahari itu, dianggap bisa membuat kabin lebih teduh di siang hari. Tidak ketinggalan radio komunikasi yang menjadi kegemarannya selama ini, buat menunjang aktifitas bersosialisasi dengan para pengguna radio amatir di seluruh Tanah Air.

Beda dengan Fahmi, pemilik Daihatsu Taruna CL lansiran tahun '99 ini. Sektor kaki-kaki yang sudah naik beberapa centimeter, hanya dihiasi pernik aksesori tambahan berupa lampu rotater warna-warni di atas plafon sejajar pilar B. "Tampilannya lebih galak aja dibanding kondisi standar," cetus pria ramah ini

Lantaran Fahmi kerap mengajak istri dan anaknya jalan-jalan di kala weekend, urusan kabin menjadi perhatian utama. Seperti mengganti bangku depan pakai Recaro versi elektrik, supaya lebih terlihat sporti dan bokong tak cepat pegal jika mesti menempuh perjalanan jauh. Setir pun berganti produk Nardi palang 4, dengan harapan bisa mengimbangi tampilan jok depan.

 Spion aftermarket model kepunyaan jip dan SUV punya cermin lebih lebar, sehingga mudah memantau obyek di belakang
Komponen aksesori City ALTO yang menjadi hot item saat ini, seperti spion fender yang menjadi salah satu ciri khas besutan SUV berbodi bongsor. Ricky, pemilik Toyota Kijang Innova 2011, tidak lupa menyematkan peranti yang berfungsi buat memantau kondisi di sebelah kiri-depan mobil. "Memudahkan saat parkir dalam posisi merapat ke kiri, karena bisa memantau kondisi mobil dari sisi depan-kiri ke arah belakang," urai Ricky.

Ricky juga memasang roof rack seharga Rp 1,7 juta kepunyaan Jeep Cherokee. Peruntukannya bukan sekadar buat pajangan biar terlihat lebih sangar, tapi memang berfungsi untuk mengangkut barang bawaan tiap kali bepergian ke Bandung buat urusan studi.

Sementara Edhi, pembesut Toyota Kijang kapsul versi diesel ini, memasang cukup banyak aksesori di bagian eksterior besutannya. Seperti over fender model Toyota Unser, lantaran sudah mengaplikasi pelek serta ban lebar. Tujuannya agar cipratan lumpur atau air genangan, tidak gampang mengguyur bagian bodi samping yang sudah dipoles klimis itu.

 Roof rack sebaiknya pilih yang berkualitas supaya kuat untuk mengangkut barang bawaan yang dibutuhkan
Towing bar copotan Jeep Cherokee juga tak digunakan buat menarik mobil teman saat kepater. "Buat angkut sepeda, karena saya lagi hobi gowes," jelas Edhi. Jet-washer lamp lungsuran dari Range Rover Discovery, sambung pria bertubuh gempal ini, juga berfungsi untuk membersihkan mika head lamp saat hujan lebat di jalan tol.   (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here