Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Aksesoris Mobil

Rabu, 27 Juli 2011 14:03 WIB

Spesialis Kelistrikan Dan Speedometer Mau Terjangkau? Pilih Copotan!

Penulis : Khalif | Foto : Khalif

 
JAKARTA - Jarum di speedometer loncat-loncat? Atau malah jarum penunjuk kapasitas bensin dan temperatur mesin kacau? Mending buru-buru konsultasi ke bengkel Rai Motor. Bengkel yang digawangi Hasan ini memang dikenal gape menangani problem seputar speedometer. Tak cuma itu saja, dia juga piawai menangani permasalahan kelistrikan, saklar lampu, sampai urusan antena otomatis.

Dia akan diagnosis permasalahan dulu untuk dicari solusinya. Jadi, selama masih bisa diservis, maka tak perlu ada pergantian item komponen. Tapi kalau memang harus ganti, tak perlu berasumsi harganya mahal. Pasalnya, Hasan memanfaatkan komponen limbahan sebagai penggantinya. ”Gampangannya pakai sistem kanibal,” sahutnya.

Misalnya saja urusan speedo­meter. Bila kerusakan ada pada jarum RPM, maka biaya servisnya Rp 100 ribu. Sedangkan keseluruhan rata-rata Rp 250-300 ribu. Tapi kalau kena sensornya mesti tambah Rp 275 ribu. Perlu diingat, merek mobil juga berpengaruh terhadap besaran biaya servis. Sebut saja untuk Nissan Terrano bila odometernya yang digital mati, bisa kena Rp 400 ribu.

Sekarang masalah pada saklar lampu. Penanganannya juga sama dengan speedometer. Tak perlu ada opsi penggantian selama masih bisa diperbaiki. Beda lagi kalau ada penggantian, Hasan akan menyodorkan saklar pengganti berstatus copotan. Harganya terjangkau sekitar Rp 200-250 ribu. Cukup lengkap ketersediaan saklar lampu ini, mulai dari Honda Jazz, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, sampai Suzuki Carry Futura.

Sementara itu kalau urusannya urut kabel, Hasan menyebut tarifnya disesuaikan dengan kerusakannya. ”Saklar tak ada masalah, baru nanti dicek kabel-kabelnya,” bilangnya lagi.

Biar komplit infonya, mendingan segera temui dia di Pasar Otomotif Duren Sawit, Jl Raya Duren Sawit, Klender, Jaktim. Kontaknya 0813-14680923.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage