Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Biaya Modifikasi All New Toyota Corolla

Minggu, 11 September 2011 12:03 WIB

Menakar Biaya Modifikasi All New Toyota Corolla 1.6 1997, Menawan Dengan Pelek Copotan

Penulis : Kyn | Teks Editor : Bagja | Foto : Kyn

 
JAKARTA - Toyota All New Corolla tahun 1997 milik Adityo Astorenggo ini memang masih sangat terawat. “Tangan pertama dari baru nih!,” ujarnya. Namun itu tak melunturkan hasrat memodifikasi mobil kesayangannya ini. “Yang penting kencang, tapi masih bisa dipakai harian,” ujar pria 32 tahun ini. Beruntung kakaknya, Bagong, adalah pemain lama di dunia modifikasi mobil. “Supaya nggak salah pilih barang,” ujarnya.

Nah, pertama yang dilakukan adalah mengganti pelek standar dengan Enkei WRC Spirit 15” berikut ban Advan Neova total biaya Rp 17 juta. Lalu untuk suspensi coilover TRD Rp 7,5 juta, “Nyopot dari mobil balap temen gue nih,” bilangnya.

Sementara itu untuk mesin, Bagong menggunakan trik pakai blok 7AG yang berkapasitas 1.800 cc dan headnya 4AG-E. “Tenaganya enak banget,” bilangnya. Apalagi Dastek Unichip Q+ yang dibelinya seharga Rp 3,5 juta bisa semakin menambah kencang mobil. “Untuk mesin saja, gue habis sekitar Rp 20 jutaan,” bilang Adit. O ya, untuk sistem gas buangnya Adit pakai lansiran TOM’S seharga Rp 5 juta.

Berikutnya untuk menyalurkan tenaga yang sudah cukup besar, Bagong menyarankan kopling setnya pakai full TRD. “Belinya waktu itu Rp 6 juta,” ucap pengusaha yang juga lulusan sarjana ekonomi ini. Lanjutnya, quick shift TRD yang dibeli dalam kondisi baru seharga Rp 3,5 juta ini terbukti membuat perpindahan gigi semakin cepat. Tidak ketinggalan strutbar Cusco yang dibelinya dalam kondisi bekas seharga Rp 1,8 juta, ikut terpasang rapi di ruang mesin. Kemudian agar lebih stabil, stabilizer TRD Rp 4,5 juta ikut dipasang di bagian belakang.

Nah, melirik ke interior, Adit memasang jok Recaro SR3 yang dibelinya seharga Rp 6,5 juta, lalu shift knob TRD Rp 1 juta, dan lingkar kemudi Nardi berbanderol Rp 3,7 juta.

Tidak ketinggalan, pada bagian eksterior, Adit hanya mengganti gril asli dengan gril yang dibelinya seharga Rp 400 ribu dan sidelamp berbanderol Rp 400 ribu. Enough?   (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil