Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Test Drive

Selasa, 25 Oktober 2011 13:02 WIB

Test Drive Pajero Sport Transmisi Manual, Si Bongsor yang Irit

Penulis : Ilham | Foto : Popo


Jakarta – Melihat sosoknya yang bongsor, sebagian orang tentu tak menyangka jika konsumsi BBM Pajero Sport GLS M/T nyaris setara dengan Toyota Avanza. Namun itulah yang dirasakan oleh OTOMOTIFNET.COM saat menguji SUV 7-seater ini.

Mengambil rute Kebon Jeruk (Jakarta) – Cimahi – Bandung, yang diselingi dengan city touring di tiga kota tersebut,  Pajero Sport GLS M/T terbukti irit dengan hanya menghabiskan ¾ BBM dari kapasitas penuh tangki sebanyak 70 liter solar.

Tak berlebihan, sebab saat pengujian data di panel konsumsi BBM Pajero Sport GLS M/T menunjukan angka rata-rata 9 km/liter di dalam kota, dan rentang 10-12 km/liter di jalan tol.

Padahal sebelumnya, tak ada ekspektasi mengenai konsumsi BBM yang irit dari mobil berbobot 1,9 ton tersebut. Terutama berkat suara mesin yang diselingi siulan turbo, terdengar gahar.

Tengok saja spek mesin 2.5 liter DOHC Commonrail Turbointercooled yang tertanam di balik kap nya. Mesin ini mampu menyembur tenaga 136 dk di 3500 rpm dan torsi 314 Nm pada 2000 rpm.

Alhasil tenaga serta torsi Pajero Sport GLS M/T terbukti galak. Cukup injak sedikit pedal gas, dan akselerasi langsung mengisi di putaran rendah hingga menengah. Bahkan ketika masuk posisi gigi dua saat macet, tenaga menyentak masih kerap ditemui meski pedal hanya diinjak sedikit.

Mengusung mesin yang sangar, kabin Pajero Sport GLS M/T terasa nyaman karena kawalan suspensi depan tipe Independent Wishbone dengan coil Spring berstabiliser. Serta suspensi belakang tipe 3 link coil spring dengan Stabilizer.

Selain membuat nyaman, pemakaian suspensi itu juga membuat pengendalian mobil berharga Rp 364 juta (OTR Jakarta) ini makin mantap, baik saat di jalan perkotaan yang padat, atau saat diajak ngebut di jalan tol.

Meski varian ini adalah versi termurah dari keluarga Pajero Sport, namun mobil berpenggerak dua roda ini tetap dapat diandalkan sebagai SUV keluarga yang mampu memberi rasa nyaman tanpa meninggalkan kesan jantan dan tangguh dari sebuah SUV.

Spesifikasi Mesin Pajero Sport:

Type                                    : DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 
Displacement (cc)                : 2,477 4 Cylinder In-line
Bore x Stroke (mm x mm)    : 91.1 x 95.0
Max. Output ( dk/rpm )       : 136/3500
Max Torque ( Nm/rpm )       : 314/2000
Fuel System                        : Commonrail (Low Pressure) Direct Injection
Fuel Type                            : Diesel
Fuel Tank Capacity (liter)    : 70 l

(mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage