Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Jumat, 04 November 2011 10:02 WIB

Panduan Ringan Deteksi Kerusakan Bearing Roda

Penulis : H4D1 | Foto : H4D1

 

JAKARTA -
Sektor kaki-kaki kerap dijumpai masalah. Tak heran, karena memang sektor ini merupakan ‘bagian lelah’ kendaraan. Faktor keamanan dan kenyamanan berkendara juga ditentukan dari area ini. Maka, tak ada salahnya mendeteksi lebih awal kerusakan yang bisa ditimbulkan dari kaki-kaki mobil Anda. Salah satu komponen yang patut diwaspadai adalah bearing roda.

“Kerusakan pada bearing roda dapat diketahui melalui beberapa cara,” jelas Septa Dian Wahyudi, Service Advisor Tunas Daihatsu Mampang Jakarta Selatan. Cara yang pertama adalah ditandai dengan suara gemuruh. Semakin tinggi kecepatan mobil maka suara semakin berisik. Biasanya bearing roda depan yang sering bermasalah karena suara masuk ke kabin.

Cara berikutnya adalah menaikkan mobil, salah satunya bisa dengan dongkrak. “Memutar roda dalam posisi ban bebas bergerak, lalu salah satu komponen logam dipegang. Bisa komponen lower arm atau shockabsorber. Jika terasa bergetar, maka dipastikan komponen bearing roda sudah rusak,” papar Septa yang murah senyum ini.    (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage