Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Modif Audio Daihatsu Sirion

Rabu, 09 November 2011 12:03 WIB

Upgrade Audio New Daihatsu Sirion, Fokus Buat Daily Use

Penulis : Anton | Foto : Anton


JAKARTA - Sistem audio New Daihatsu Sirion memang dibikin agak berbeda oleh pabrikannya. Lantaran sudah mengusung konsep multimedia car audio system, head unit model integrated (menyatu dasbor) ukuran 2-DIN mesti bisa bersinergi dengan speaker yang terfokus untuk daily use ini. Sehingga nantinya dapat memudahkan penggunanya, namun tidak mengurangi kualitas suara yang dihasilkan.

Jika melihat spesifikasi bawaan head unit standar New Sirion, memang tak jauh beda dengan tipe terdahulu. Seperti sudah dilengkapi fitur Bluetooth lengkap dengan opsi caller ID, yang bisa dimanfaatkan oleh pengemudi jika ingin tetap berkomunikasi lewat ponsel tanpa perlu memegangi ponsel lagi.

Namun bila tak puas dengan layanan yang tersedia pada head unit OEM New Sirion, boleh saja mengupgrade-nya pakai head unit monitor berukuran sama (2 DIN). Pastikan fitur yang ada pada driver pengganti tidak di bawah spesifikasi head unit standar, supaya tidak mengurangi aspek utilitas yang sudah tersedia sebelumnya.

Tentunya jika ingin mengganti head unit standar dengan versi monitor, meski melakukan sedikit ubahan agar dapat terpasang sempurna di dasbor. Menurut Ferdinand R. dari Bronson Car Audio, pemasangan monitor dobel DIN mesti dibarengi pemakaian panel lis yang bisa dibikin secara custom, menyesuaikan celah kosong yang ada di sekeliling panel monitor depan.

Panel lis ini berfungsi untuk menutupi celah di sekeliling dudukan bodi head unit pengganti, supaya dapat membuat tampilannya tetap terlihat rapi. "Kalau sulit mencarinya di pasaran, lis panel bisa dibikin sendiri mengikuti desain dasbor dan monitor yang akan dipasang nanti," ungkap Tedi sapaan instalatur muda ini.

Opsi lain buat menyempurnakan kualitas tata suara kabin New Sirion, bisa difokuskan lewat penggantian speaker standarnya, supaya dapat menciptakan reproduksi sound secara optimal. "Secara keseluruhan settingan suaranya tergolong baik, seperti sudah tersedia fitur A2DP," pungkas Tedi.

A2DP (Advanced Audio Distribution Profile) merupakan fitur yang terkoneksi dengan teknologi Bluetooth pada beberapa tipe head unit canggih, untuk memudahkan dalam penciptaan efek surround dan stereo layaknya sedang mendengarkan musik lewat head phone.

Sayang jika fitur A2DP ini tak dimaksimalkan, lantaran sekadar ingin ganti pakai versi monitor agar dapat nonton DVD. Padahal untuk keperluan daily use pengemudi tidak jarang meredupkan cahaya LCD (dimmer), bahkan mematikan tampilan gambarnya selama perjalanan di malam hari karena menyilaukan mata.

Penggantian speaker untuk keperluan daily use, bisa terapkan metoda plug and play atau custom. Ukuran speaker depan bawaan New Sirion memang tidak lazim, lantaran punya dimensi 4 inci model full range.

Untuk penerapan metoda plug and play mesti mencari speaker pengganti berukuran sama, agar tak perlu membobok dudukannya di atas dasbor. Sebab keuntungan dari posisi penempatan speaker seperti ini, efek sound staging bisa tercipta dengan mudah tanpa harus menambah prosesor atau memodifikasi crossover pasif.

"Kalau mau versi custom bisa tambah tweeter di sudut frame kaca pintu depan, sekalian dengan subwoofer aktif yang sudah dilengkapi power amplifier internal," jelas Tedi.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil