Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Selasa, 15 November 2011 17:03 WIB

Nih, Agar Kaca Mobil Gak Jamuran Pasca Kehujanan

Penulis : Anton | Teks Editor : Bagja | Foto : Anton

 
JAKARTA - Jamur kaca memang sangat mengganggu penglihatan pengemudi ketika hujan di malam hari. Kondisi ini bisa dipicu dari beberapa faktor seperti perawatan, serta efek musim kemarau yang memudahkan terjadinya jamur di permukaan kaca mobil.

Hal kecil yang kerap luput dari perhatian para pemilik kendaraan seperti salah menggunakan cairan pembersih kaca (wiper fluid/screen wash), yang sebenarnya ikut memicu berkembangnya jamur pada permukaan kaca mobil.

Wiper fluid yang beredar di pasaran umumnya mengandung deterjen dengan komposisi berlebihan. Indikasinya terlihat dari busa yang ditimbulkan sangat banyak (Gbr.1). Sisa busa yang mengering dapat menimbulkan bercak noda, dan jika tak segera dibersihkan kelamaan berubah menjadi jamur.

"Selain itu juga bisa menyumbat nosel (Gbr.2), karena sisa busa yang mengering dan menumpuk di lubang penyemprot air wiper akan berubah menjadi kerak, jika dipakai dalam waktu cukup lama," jelas Alfons, Marketing Manager PT Foerch Indonesia selaku distributor tunggal produk perawatan mobil merek Foerch di Tanah Air.

Kandungan alkohol yang cukup banyak dalam larutan wiper juga perlu diwaspadai. Sebab jika digunakan dalam waktu lama, bisa memicu kerusakan bagian sil pada motor di tabung reservoir air wiper. Sebaiknya pilih produk wiper fluid yang lebih ramah (Gbr.3). Artinya tidak mengandung alkohol dan kandungan deterjennya sedikit.

Sedangkan untuk menghilangkan jamur di permukaan kaca depan mobil, sebaiknya gunakan obat pembersih yang mengandung material ramah lingkungan. "Formulasi tidak merusak permukaan kaca, permukaan cat termasuk aman buat tangan saat digunakan," tandas Cin Kiang, Sales Manager produk Wealthy.

Cairan pembersih harus aman dipakai lantaran tidak mengikis lapisan pelindung pada permukaan kaca depan. Seperti diperagakan, saat membersihkan kondisi kaca harus dingin dan sudah bersih, kemudian oleskan Wealthy windsreen stain remover WSR pakai lap bersih dengan gerakan searah (Gbr.4). Jika masih terlihat bercak jamurnya, ulangi dengan cara yang sama hingga permukaan kaca tampak bersih.  (mobil.otomotifnet.com)

PT Foerch Indonesia : 021-58900135

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil