Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Aksesoris Mobil

Rabu, 16 November 2011 11:02 WIB

Pilihan Pelek Aftermarket Toyota Vios, Gaul Namun Tetap Nyaman

Penulis : Denta | Foto : Denta

 
JAKARTA - Pakai pelek standar? Kurang gaul, sob! Kita intip yuk sobat penggeber Toyota Vios yang sudah ganti lingkar roda. Gaya bin gaul namun tetap nyaman dipakai harian. "Simpel aja, ukuran pelek harus sewajarnya dan jangan menggunakan ukuran ban yang terlalu tipis, karena pasti kurang nyaman kalau dipakai harian," ungkap Firas Asthadi, mahasiswa semester lima Universitas Indonesia, Depok.

Seperti yang sudah diterapkan pada Toyota Vios hitam 2005 miliknya. Lelaki yang gemar fotografi ini menggunakan pelek Auto Speed, Couture Lative Ring 17 double PCD (Gbr.1). Pelek berkarakter celong pas buat Vios yang punya PCD 4 baut 100 mm itu dibalut ban Achilles ATR Sport 205/45R17 (Gbr.2). "Ukuran ini gue rasa masih nyaman untuk dipakai harian, karena bannya tidak terlalu tipis," tutur pria yang setiap hari pulang pergi Ciputat - Depok. Biar tetap praktis, gitu.

Hal ini diamini oleh Barto, owner Barata Ban di Bambu Apus, Jakarta Timur. "Sedan-sedan seperti Vios masih aman jika dipasang pelek berukuran 17 inci atau 18 inci," himbaunya saat dikontak melalui telepon. Sedangkan menurut Barto ukuran ban yang nyaman dan aman yaitu 205/45R17. Lalu untuk pelek18 inci bisa menggunakan ban 205/40R18 atau paling mentok 215/40R18.

Urusan harga, Firas menjawab satu set pelek dan ban hanya sekitar Rp 3 jutaan. Cukup terjangkau untuk kantong mahasiswa bukan? Kemudian pria berkacamata ini menambahkan. "Pelek ini tergolong berbobot enteng dibanding pelek lain," ucap pemuda yang berencana ingin mengikuti aliran hellaflush.

Nah, ngomong-ngomong soal tren hellaflush yang sedang digandrungi anak muda saat ini, Barto juga sedikit bagi ilmu. "Kebanyakan ingin menerapkan hellaflush memakai pelek BBS RS, mengenai ukuran tergantung selera masing-masing individu," tuturnya (Gbr.3).

Soal harga dibanderol sekitar Rp 5 - 10 juta, itu sudah 1 set pelek dengan ban seraya menyebut Achilles karena lebih ekonomis. Untuk ukuran ban sendiri, jika memilih pelek berdiameter 18 inci bisa menggunakan karet bundar berukuran 205/40R18, ukuran segitu sudah dapat menimbulkan efek ban narik.

Giliran elo, suka ring 17 atau 18?   (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil