Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Avanza Xenia

Jumat, 18 November 2011 16:02 WIB

Avanza-Xenia Versi Lama Makin Laris, Tipe dan Warna Makin Terbatas (Bag.1)

Penulis : Domas,eRIE,Anton | Foto : Toyota, Anton, Reza

 
JAKARTA - Kemunculan  All New Toyota Avanza dan All New  Daihatsu Xenia, (9/11) lalu, ternyata diikuti aksi beli calon konsumen untuk bisa meminang Avanza-Xenia generasi sebelumnya. Meski stok nasional semakin menipis, tapi semakin laris di kalangan yang masih menyukai model dan harganya.

TIPE & WARNA TERBATAS
Seperti terungkap dari penuturan Bambang, sebut saja begitu, salah seorang calon pembeli Avanza model lama, yang ditemui OTOMOTIF di salah satu showroom Toyota di Jaksel beberapa waktu lalu. "Saya sengaja beli yang lama (Avanza) karena harganya lebih murah, sebab keperluannya buat dipakai usaha dan butuh 4-5 unit baru," ungkap pengusaha di bidang jasa logistik ini.

Namun kondisi di lapangan tak mendukung kepentingan dari kalangan seperti Bambang tadi. Pasalnya perputaran stok lama (run stock off) untuk Avanza-Xenia generasi pertama, saat ini sudah sangat terbatas di semua dealer resmi Toyota dan Daihatsu.

“Sejak akhir Oktober lalu di tempat kami sudah tidak ada stok Avanza yang lama," tandas Achmad Willy Arifani, Senior Sales Executive Auto2000 Cempaka Putih, Jakpus.

Begitu pun dengan Daihatsu. "Pabrik sudah stop memroduksi Xenia generasi pertama sejak akhir Oktober lalu. Saat ini stok Xenia untuk nasional hanya seribuan unit," kata Rio Sanggau, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sedangkan kondisi yang ada di lapangan. "Khusus Xenia yang otomatis (1.3 Xi A/T Deluxe) sejak bulan Oktober stoknya sudah habis. Saat ini yang masih tersedia hanya tipe manual dan terbatas pada warna-warna favorit seperti hitam, grey dan silver," beber Sisca, Sales Executive Astrido Daihatsu Kebon Jeruk, Jakbar.

 Peminat versi bekasnya masih stagnan
Konsumen juga disulitkan untuk memilih tipe yang diinginkan, termasuk warna pilihan tadi. Menurut Sisca, persediaan unit Xenia baru versi lawas tergantung dari ada-tidaknya stok dari cabang lainnya.

Misal Anda mengincar Xenia Xi 1.3 dengan pilihan warna hitam. Jika showroom yang didatangi tidak ada stok untuk tipe tersebut, akan ditawarkan untuk inden beberapa hari hingga unit yang diinginkan tersedia. Dengan catatan, membayar tanda jadi terlebih dulu agar pesanan bisa dicarikan.

Itu pun belum pasti bisa terpenuhi, lantaran ketersediaan unit yang diinginkan saat ini tergantung dari kegagalan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) pada showroom rekanan mereka.

Sampai berita ini diturunkan, minat beli untuk unit baru Avanza-Xenia model pertama terbilang masih tinggi. "Per hari ini (15 November 2011), daftar tunggu pembeli Xenia model lama sudah 5 orang," sebut Sisca.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage