Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Aksesoris Mobil

Selasa, 27 Desember 2011 07:02 WIB

Lampu Handle Pintu, Bisa Pakai Genuine Atau Custom

Penulis : Anton | Teks Editor : Bagja | Foto : Anton

JAKARTA - Keunikan All New Daihatsu Xenia, ada di balik keempat handel pintunya. Karena gagangnya dilengkapi LED di bagian dalam pegangan pintunya. Dan merupakan kelengkapan standar All New Xenia (ANEX) tipe M, X dan R (Gbr.1).

Nah, buat ANEX tipe D (tipe terendah) ataupun saudara kembarnya; All New Toyota Avanza yang ingin mengadopsi peranti tersebut, sudah disediakan aksesori resminya. "Harga sekitar Rp 1,5 juta, sudah termasuk ongkos pasang," kata Mirza Noor Ilman dari divisi spareparts & accesories Astra Daihatsu Sunter, Jakut.

Selain versi genuine dari Daihatsu, tersedia pula versi aftermarket. Seperti opsi dari Wira Sentosa, dengan harga Rp 400 ribu untuk semua pintu. "Cukup bermodal LED model fleksibel yang waterproof, supaya lebih aman jika mobil dicuci atau kena hujan (Gbr.2)," cetus juragan SACS di Pondok Gede, Bekasi ini.
Untuk instalasi kabelnya, harus mencopot handel pintu berikut rumahnya dari bodi mobil. Door trim juga mesti dilepas agar memudahkan saat menarik kabel ke sekring.

Setelah LED ditempel di balik gagang pegangan pintu, sambungan dua kabel diselipkan ke celah yang tersedia di handel set tiap pintu (Gbr.3). Supaya tak gampang terjepit, usahakan menyelipkan kabel di sekitar dudukan baut gagang pintu.

Dua kabel yang terhubung pada LED di tiap pintu tadi, warna merah (+) disambung ke sekring lampu kecil untuk mengambil arus dari aki. Kabel lainnya yang berwarna hitam (-), langsung diparalel ke kabel pintu yang letaknya dekat pedal gas (Gbr.4).

"Bisa saja kabel massa (hitam) disambung ke masing-masing switch pintu, tapi konsekuensinya enggak bisa seperti di ANEX. Karena LED tidak akan nyala di semua gagang pintu, ketika salah satu pintu dibuka," urai Wira.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil