Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Toyota Motor Corp

Jumat, 06 Januari 2012 09:27 WIB

Ssst, Ini Rahasia Iritnya Toyota Aqua

Penulis : Ilham | Foto : Toyota


Jepang – Sebagai pendatang baru di kelas hybrid kecil, Toyota Aqua langsung berhadapan dengan mobil sekelas Honda Jazz hybrid dan Ford C-Max. Agar mampu bersaing, tentu Aqua wajib dibekali efisiensi BBM yang irit. 

Hasilnya, pengujian yang dilakukan Toyota di Jepang, Aqua mampu menempuh jarak 35,4 km perliter bensin. Hasil ini juga didapat berdasarkan standar uji Kementrian Tanah, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang JC08. Sedangkan dengan uji MLIT 10 – 15, test cycle mencapai 40 km/liter.

Lalu apa rahasianya? Yuk, kita ulas. Pertama tentu terletak pada pengalaman Toyota yang selama 17 tahun mengembangkan teknologi hybrid. Mesin yang dipakai menggunakan siklus Atkinson dengan rasio ekspansi tinggi.

Keunggulan siklus Atkinson adalah efisiensinya yang sangat tinggi. Dikombinasikan dengan Exhaust-Gas Recirculation yang didinginkan, semakin meningkatkan efisiensinya.

Teknologi lain yang berkontribusi terhadap peningkatan efisiensi mesin adalah pompa air yang digerakkan listrik dari baterai. Perangkat ini didesain tanpa belt (beltless) sehingga mengurangi rugi gesekan serta pengontrolan volume aliran air pendingin yang presisi.

Hybrid transaxle yang terdiri dari power control unit, power-generation motor dan drive juga dirancang agar berukuran kecil dan ringan.

Semakin canggih, Aqua menggunakan sistem penggerak Toyota Hybrid System II (THS II) yang berukuran kecil dan ringan. THS II menggunakan mesin bensin 1NZ-FXE dengan kapasitas ruang bakar 1.496cc.

Mesin bensin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 54 kW (74 PS)/4.800 rpm dan torsi puncak 111 N-m (11.3 kgf-m)/3.600—4.400 rpm. Sedangkan motor bisa memproduksi daya maksimal 45 kW (61 PS) dengan torsi puncak 169 N-m (17,2 kgf-m). Kombinasi tenaga mesin dan motor adalah 73 kW (100 PS).

Pengujian TMC menunjukkan kombinasi tenaga mesin dan motor listrik bisa menghasilkan akselerasi halus dari diam ke 100km/jam dalam waktu 10,7 detik. Sementara akselerasi di putaran menengah 40km – 70km dicapai dalam 3,6 detik.

Seperti pada Prius, Aqua juga bisa beroperasi dengan mode EV atau hanya menggunakan motor listrik saja.

Terakhir, adanya fitur automatic air conditioning yang dilengkapi dengan electric inverter compressor. Fitur ini digerakkan dengan motor listrik sehingga tetap beroperasi meskipun mesin mati, jadi BBM tak terbuang sia-sia. (mobil.otomotifnet.com)


Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here