Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Minggu, 15 Januari 2012 11:06 WIB

Tips KIA Carnival Diesel, Selalu Perhatikan Filter Solar

Penulis : Ben, KL:X | Teks Editor : Bagja | Foto : KLX


Filter solar dan filter water sedimenter jangan menunggu masa penggantian dari pabrik selama masih memakai solar bersubsidi
JAKARTA - Tak ada yang meragukan kenyamanan MPV berukuran gambot yang satu ini. Apalagi untuk varian bermesin diesel turbo yang dikenal memiliki torsi besar. Namun perawatan berkala untuk varian diesel juga sangat diutamakan.

Utamanya pada bagian fuel supply yang identik dengan solar bersubsidi. “Filter solar, filter water sedimenter dan filter udara wajib diganti secara berkala,” jelas Ryan, kepala bengkel JJ Mobil yang spesialis KIA di kebon Jeruk, Jakbar.

Bila tidak, dalam waktu sebentar saja langsung merongrong. Dimulai dengan nosel injektor mampat, diesel pump mbrebet atau turbocharger ngadat.

Ini lantaran usia mobil yang tergolong tak muda lagi. Masa pakai mendekati 12 tahun jelas perlu perlakuan khusus agar mobil selalu fit. Namun, sebenarnya hanya sekadar mematuhi prosedur rutin saja.

Filter udara seharga Rp 102 ribu yang berfungsi menyaring udara kotor luar harus diganti setiap 10.000 km, karena udara kota besar yang relatif tercemar. Jangan lupa, performa mesin diesel sangat bergantung dari jumlah pasokan udara.

Tak kalah penting adalah filter solar yang harus diganti tiap 50.000 km bahkan kurang dari itu. Apalagi kalau mobil rajin mengonsumsi solar bersubsidi yang konon masih tanda tanya soal kualitas.

 Water pump KIA dikenal memiliki kualitas kurang bagus alias mudah keropos, sehingga pompa air yang satu ini harus selalu dijaga
Filter solar pada Carnival diesel ada 2, yakni filter di jalur bahan bakar dan filter yang sekaligus sebagai water sedimenter. “Kalau saran saya, jangan menunggu kilometer karena pengalaman di bengkel lebih cepat kotor sebelum masuk masa penggantian,” papar Ryan lagi.

Harganya juga relatif terjangkau. Filter solar dibanderol Rp 181 ribu dan filter water sedimenter dipatok Rp 126 ribu. Masih seputar cairan, sistem pendingin mesin juga perlu diperhatikan mengingat suhu di dalam mesin yang relatif tinggi.

Seringkali pemakai Carnival diesel tak memperhatikan seputar water pump, slang radiator dan kipas elektrik. “Tanpa disadari, air radiator kerap habis karena ada kebocoran dan menyebabkan kepala silinder melenting.

Water pump KIA Carnival diesel dibanderol Rp 560 ribu dan slang radiator yang terdiri dari 3 bagian dihargai Rp 129 ribu, Rp 51 ribu dan Rp 77 ribu.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil