Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Aksesoris Mobil

Sabtu, 21 Januari 2012 11:06 WIB

Cairan Penetran, Merontokan Dan Pencegah Karat

Penulis : Harryt | Foto : Harry

 
 Bisa juga untuk melindung kabel dari air
JAKARTA - Anda merasakan engsel pintu berdecit dan gerakannya tersendat? Atau kesulitan saat ingin membuka baut-baut roda? Bisa jadi hal itu disebabkan oleh karat, apalagi dimusim penghujan seperti sekarang ini. Kalau kendaraan jarang dicuci jangan heran jika karat makin mudah menyerang komponen kendaraan terutama pada bagian yang sering terkena air.

Karat sendiri merupakan hasil oksidasi antara besi dengan oksigen. Dampaknya tentu timbul noda coklat yang menyelimuti permukaan besi. Karat juga membuat material besi menjadi rapuh dan kelamaan akan membuat besi keropos.

Nah, jika sudah mengalami hal tersebut, sebelum parah bisa diobati dengan cairan penetran penghilang karat yang dikemas dalam botol spray di pasaran. Bahasa kerennya rust penetrant, fungsi dari cairan ini tentu untuk merontokkan karat atau korosi. “Biasanya baut yang susah dibuka karena karat, setelah disemprot cairan ini maka bisa terbuka,” ungkap Christanto Dwi Nugroho, dari bengkel Anugrah PRM di daerah Lenteng Agung , Jaksel.

Bagian-bagian yang posisinya terbuka dan menyempil mudah terkena karat. “Sebut saja pada baut roda, baut engsel pintu, baut bagian bawah bodi mobil seperti kaki-kaki, arm, tie rod dan lainnya,” tambahnya.

Jika dulu cairan penetrant hanya sebagai penghilang karat saja, sekarang ini juga ada yang dicampur dengan bahan kimia lain yang mampu melindungi dari serangan karat dikemudian hari. Jadi dengan membeli satu produk maka sudah bisa mendapatkan manfaat lainnya. Contohnya produk keluaran Global Petro America yang mempunyai fungsi lain seperti melindungi dari karat dan melumasi.

Bukan cuma mobil, motor pun juga bisa diserang karat loh. Terutama pada bagian baut swingarm, as roda, handel rem dan kopling. “Kadang juga pada setang yang bikin grip gas seret,”kata Subur Prayogi, dari Bangky Motor Sport dibilangan Depok. Solusinya tentu membongkar grip gas dan menyemprotnya dengan cairan penetran tadi.

Selain itu ada juga cairan penetran yang khusus untuk bagian electrical seperti papan sirkuit atau PCB. Sifat cairan khusus untuk electrical tentu lebih soft. “Maksudnya kalau penetran untuk electrical ini dipakai untuk baut berkarat enggak akan mempan,”kata Tanto lagi. Jadi gunakan juga cairan ini sesuai fungsinya ya.   (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage