Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Aksesoris Mobil

Kamis, 09 Februari 2012 13:10 WIB

Pilih Pelek Dan Ban Rush & Terios, Pakai Ring 20 inci Aman!

Penulis : Anto | Foto : Anto


Pasang pelek diameter besar bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi untuk city SUV seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Namun enggak usah sedih. Tiru saja Rushter Community (RC), komunitas pengguna mobil kembar identik ini yang punya berbagai tips mengaplikasi pelek berdiameter besar untuk penggunaan sehari-hari.

“Menurut kami, pelek 18 inci dengan ukuran ban 235 dan profil 50 adalah ukuran yang paling ideal untuk kenyamanan, style dan traksinya,” jelas Yudha Bakti Panigoro, anggota senior RC.

Lebih lanjut Yudi (sapaannya), berbagi pengalaman. “Untuk Terios standar TX, agar tidak keluar batas fender, ukuran maksimum lebar ban adalah 225 dan lebar pelek 7,5 inci dengan offset +45. Tapi Terios tipe Adventure dan Rush bisa pakai lebar ban 245 dan lebar pelek 8,5 inci dengan offset +45,” sarannya mewakili klub yang kebanyakan menerapkan gaya elegan dan sport ini.

Hal ini disebabkan Terios tipe Adventure dan Rush mempunyai tambahan panel overfender pada bodi samping. Lalu, soal offset pelek yang pas agar setelah dipasang, roda tidak ‘keluar’ dari batas bibir fender. “Tergantung dari lebar pelek itu sendiri, jika lebar sudah lebih dari 8 inci sebaiknya offset pelek jangan kurang dari +45, namun jika masih di bawah 8 inci masih bisa pakai offset +35. Tapi untuk offset lebih dari +45 akan berisiko mentok fender bagian dalam saat roda berbelok,” tegas Yudi.


Karena teromol roda Rush dan Terios gunakan PCD ukuran 114.3 dengan lima baut, artinya ketersediaan pelek aftermarket cukup banyak. Apalagi bisa juga mengaplikasi kepunyaan mobil-mobil jenis SUV maupun MPV premium yang ukurannya sejenis.

Sedangkan, jika ingin mengaplikasikan pelek diameter besar, Amin dari gerai pelek dan ban Boss Motorsport di bilangan Mampang Prapatan, Jaksel urun pendapat.

“Maksimum pakai ring 20 inci dengan spek ban 245/40-R20,” saran pria modis yang menjamin dengan dimensi tersebut tak perlu adanya ubahan khusus maupun enggak merusak kompartemen standar di sekitar ruang roda. Selain itu, suspensi bawaan pabrik pun tidak perlu diganti sehingga kenyamanan masih bisa dipertahankan.

Namun kalau tetap ngotot ingin pakai pelek di atas 20 inci, Amin mensyaratkan adanya ubahan khusus di ruang roda. Konsekuensinya kenyamanan dapat berkurang. (mobil.otomotifnet.com) 




Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage