Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Komparasi MPV Mewah

Senin, 05 Maret 2012 08:02 WIB

Toyota Alphard 2.4G vs Nissan Elgrand, Luxurious Battle

Penulis : Tim Otomotif | Foto : Salim


Pada kelas Premium MPV Jepang, Toyota Alphard reputasinya cukup sohor. Tunggangan kesayangan pengusaha dan artis hingga taksi ini sudah cukup tertancap di benak orang sebagai MPV idaman. Tetapi, Nissan pun memiliki kemewahan ini melalui Elgrand yang kini bisa diperoleh dari APM.

Dengan menawarkan harga kompetitif, serta beberapa kelengkapan yang diboyong langsung dari Jepang, Nissan Elgrand bermesin 3.500 cc ini siap bertarung melawan ‘juara bertahan' Toyota Alphard yang mengandalkan mesin 2.400 cc untuk bertarung dengan Nissan Elgrand di kisaran harga Rp 800 jutaan.

STYLE


Desain keduanya cukup menarik, memiliki keunggulan masing-masing dengan lekuk dan rancangan spesial. Alphard, tentu memasang desain baru pada bagian buritan dan depan seperti gril dan lampu baru. Sementara Elgrand yang tampil lebih baru secara keseluruhan dari generasi pertamanya. Tetapi, soal pilihan desain dan selera pengguna memang sangat relatif. Keduanya sama-sama menarik perhatian.

Kenyamanan


Kenyamanan memang menjadi andalan untuk model kendaraan seperti ini. Keduanya menyuguhkan tingkat kenyamanan yang cukup baik. Hanya, bantingan suspensi Nissan Elgrand lebih terasa empuk dibandingkan Alphard. Meski ayunan suspensi Alphard lembut, namun sedikit terasa gejala body roll karena tubuh yang lebih tinggi.Sementara pada Elgrand kondisi ini jarang dirasakan.

Tingkat kebisingan pun hampir sama, serta kualitas audio lebih baik ada pada Alphard dengan Focal Berrylium yang membahana.

Akomodasi


Tak hanya daya angkut penumpang saja, barang pun menjadi perhatian. Sebab, kala berlibur, kebutuhan ruang barang masih dibutuhkan. Alphard memiliki akomodasi ruang lebih lega ketimbang Elgrand yang rendah atapnya.

Sementara pada Alphard, kondisi lantai rata menjadi unggulan, ketimbang ruang barang Elgrand, yang ketika jok baris ketiga dilipat (elektrik) sekalipun tak memberikan ruang selega Alphard yang bangku baris ketiga ini yang masih harus dilipat secara manual.

Konsumsi Bahan Bakar


Si gendut memang makan lebih banyak. Begitu pun kapasitas mesin lebih besar, relatif lebih haus bensin. Toyota Alphard dengan 2.400 cc ini tentu lebih ekonomis dalam berbagai kondisi. Meski keduanya terdapat fitur ECO yaitu pengaturan ekonomis saat melaju, Nissan Elgrand masih tetap lebih banyak mengonsumsi bensin, sesuai dengan output dan kapasitasnya yang lebih besar.

Performa


Secara kapasitas mesin yang berbeda, Nissan Elgrand dengan mesin 3.500 cc tentu memiliki tenaga dan torsi lebih besar dibandingkan Toyota Alphard yang dihela dengan dapur pacu 2.400 cc.

Terpaut cukup jauh, meski untuk tunggangan seperti ini performa untuk melaju cepat bukanlah tujuan utama dari penggunanya.

Fitur


Fitur juga menjadi perhatian lebih pada kelas MPV premium. Baik Elgrand maupun Alphard, menggunakan beberapa fitur unggulan, seperti sunroof, jok elektrik di kedua bangku depan, serta fasilitas kamera mundur, selain juga dilengkapi dengan parking sensor.

Tetapi, ada yang menyuguhkan lebih banyak, yaitu pada Elgrand mempunyai bangku Ottoman tak hanya di baris kedua seperti Alphard. Tetapi juga penumpang depan.

Sayangnya, tidak bisa disetel elektrik seperti pada Alphard yang bangku baris keduanya pun full elektrik. Tetapi, Nissan selain pintu samping motorized seperti Alphard, bagasi pun motorized untuk buka/tutup pintunya.

Harga


Kehadiran Elgrand dengan memanfaatkan skema pajak IJEPA yang lebih rendah pada kapasitas mesin di atas 3.000 cc, membuat harga jualnya cukup kompetitif dengan mesin besar. Hanya terpaut Rp 65 juta dengan Toyota Alphard yang bermesin 2.400 cc. Sementara untuk mesin sekelas, Alphard dipatok dalam harga di atas Rp 1 Milyar.

Kesimpulan


Luxurious battle ini, memang terpaut angka cukup rapat. Karena keduanya memberikan yang terbaik untuk penggunanya. Meski begitu, dari beberapa parameter ukur di antara keduanya, Nissan Elgrand cukup unggul di beberapa sisi, sementara Toyota Alphard pun tak tertinggal cukup jauh.

Di sini pilihan untuk menggunakan MPV Premium ini memang cukup membingungkan calon pengguna. Tetapi, semua ada di tangan Anda. (mobil.otomotifnet.com)





Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here