Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tematis Smart Buy

Minggu, 11 Maret 2012 14:04 WIB

Substitusi Koil Suzuki APV, Bisa ke SX4 dan Swift

Penulis : Anto | Foto : Dok. Otomotif

Pengapian pada mobil-mobil baru saat ini sudah menggunakan sistem distributorless, alias memakai 1 koil untuk 2 busi. Seperti pada Suzuki APV maupun SX4, menganut suplai arus listrik untuk setiap dua busi-nya yang hanya diladeni sebuah koil.

Namun kendalanya jika salah satu koilnya mengalami kerusakan, yang dipastikan bakal mengganggu kinerja kedua busi sekaligus. Seperti yang sempat dialami Ari Fahrizal pada SX4 2007 miliknya.

"Gejalanya seperti putaran rpm sering drop, dan tiap kali kondisi idle mesin sering mati mendadak. Saya pikir businya yang sudah harus ganti, karena pemakaian mobil sudah lebih dari 70 ribu km," ungkap Ari yang juga menjabat sebagai seksi teknis SX4 Club Indonesia (SXCI) ini.

Ketika dicek, lanjut Ari, ternyata masalahnya berawal dari kabel busi yang sudah patah, padahal desainnya dibikin menyatu dengan koil. Kondisi ini disinyalir akibat faktor panas, yang membuat tangkai atau kabel busi getas. Sehingga mudah copot saat ditarik pakai tangan.

Namun lantaran di pasaran harga komponen orisinal untuk SX4 terbilang mahal, sekitar Rp 900 ribuan untuk produk asli Jepang, dapat diakali dengan menukarnya pakai kepunyaan Suzuki APV yang harganya lebih murah.

Menurut Rudy Suryana dari bengkel resmi Suzuki Serpong, Tangerang, mengatasinya memang bisa mengganti satu set koil berikut kabel busi lansiran APV. "Harganya lebih terjangkau, sekitar Rp 300 ribuan dan bisa dipakai di SX4, Aerio dan Swift karena dimensinya gak jauh berbeda," yakin pria ramah ini.

Pemasangannya tinggal menghubungkan dari kabel koil yang satu, ke komponen penggantinya tadi. Memang desain selongsong busi kepunyaan APV sedikit berbeda dengan bawaan SX4. "Tapi enggak terlalu bermasalah karena ukuran lubang businya tetap sama," kata Rudy.

Lantaran sama-sama dibekali diameter lubang busi yang sama, maka koil APV tadi tidak akan mengganggu kerja mesin. Sehingga pemantik api untuk proses pembakaran tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya. (mobil.otomotifnet.com)


Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage