Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Modifikasi

Kamis, 15 Maret 2012 17:05 WIB

Daihatsu Terios TX 2008, Keluarga Tetap yang Utama

Penulis : Anton | Foto : Anton


Menjadi juara di ajang kontes car audio skala nasional, memang tak pernah terbayangkan sama sekali oleh Dany Soesanto. Meski Daihatsu Terios miliknya berhasil melenggang sebagai pemenang di ajang kompetisi EMMA (European Mobile Media Association) Indonesia Final 2011, (28/1) lalu, namun kepentingan keluarga tetap yang utama.

Sejak awal membangun audio Terios TX versi Anniversary 100 tahun Daihatsu ini, Dany memang sudah berniat untuk mempersembahkannya kepada istri dan keluarga tercinta. Dengan mempersiapkan secara matang setting-an berikut instalasi kepada Jhonny, instalatur Mega Audio di Green Garden, Kedoya, Jakbar.

Setting-an yang menganut sistem speaker 3-way ini sepenuhnya dibikin dengan konsep sound quality (SQ), dengan pertimbangan lebih mumpuni untuk menciptakan kualitas suara yang optimal.

 Dimensi boks pada pilar A serta panel door trim tidak dibikin berlebihan, Untuk memudahkan, remote control ditopang panel model fixed dekat hand brake
Sebab mobil ini lebih banyak dipakai oleh istrinya Dany, selain kerap digunakan untuk acara weekend bersama anak-anaknya. Di samping itu, keluarga Dany sangat menyukai jenis musik bergenre pop, jazz maupun slow R&B. Tak pelak jika setting-an SQ menjadi menu pilihan utama buat membahagiakan keluarga.

Suara yang tertangkap telinga dari tweeter, midrange, midbass dan subwoofer Scanspeak yang terpasang di kabin, memang terdengar istimewa terutama di level vokalnya.

Suara vokal sebagai unsur utama dapat terdengar harmonis dengan iringan midbass yang terkesan lebih lepas. Artinya, suara yang tercipta tidak terdengar terlalu 'kering', seperti setting-an yang terlalu banyak di-tuning melalui proses digital dengan bantuan prosesor.

Meski sistem audio yang dianut pada Terios ini juga andalkan prosesor Alpine PXA-H701, namun Jhonny mengakalinya agar reproduksi suara di semua level tak terdapat jeda terlampau jauh. "Antara suara high, mid, midrange hingga low, frekuensinya di-cutting tak terlampau jauh. Sehingga dapat terdengar lebih natural."

Kualitas efek suara panggung juga dimaksimalkan dengan kayu Sunmook, yang diletakkan di kaca depan dekan dasbor. Fungsi komponen ini untuk membuat semua suara yang tercipta di atas dasbor, dapat terdengar lebih fokus dan lebih diam.

Pantas jika hasil setting-an dan treatment tadi diberi poin tertinggi dengan total nilai 439, dan berhak menyabet gelar Champion di kelas Master 60 juta.

Kosmetik Bercerita


Ruang bagasi dipermanis dengan kosmetik unik, dengan desain yang menceritakan tentang filosofi petualangan bahari. Dany terinspirasi dari pecahan uang kertas Rp 100 yang beredar beberapa tahun lalu, yang terdapat gambar kapal layar Phinisi Nusantara dan Gunung Krakatau.

Dipilih filosofi petualangan bahari lantaran Dany sangat mengagumi semangat nenek moyang bangsa Indonesia, yang terkenal sebagai sosok pelaut sejati. Cerita petualangan kapal layar Phinisi Nusantara yang mengarungi samudera Pasifik selama 67 hari, untuk menghadiri pameran bahari di Vancouver, Kanada pada 1986 silam, diilustrasikan dengan membuat boks subwoofer di tengah sebagai simbol gunung Krakatau.

Lukisan 3D pada sisi kiri boks menggambarkan perjalanan kapal layar Phinisi Nusantara mengarungi samudera. Gambar 3D burung elang di atas batu karang di sisi kanan boks, mengilustrasikan pemandangan di sekitar Selat Sunda yang dilalui kapal layar ini. Sedangkan dinding pembatas kedua lukisan 3D dengan boks subwoofer, sebagai perlambang pulau Jawa dan Sumatra.
(mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil