Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Aksesoris Mobil

Kamis, 22 Maret 2012 10:09 WIB

Cover Ban Serep Avanza Xenia, Melindungi & Terlihat Rapi

Penulis : Anto | Foto : Johan

Komponen penting di bagian kolong mobil kerap tak diperhatikan oleh pemiliknya, termasuk ban cadangan pada All New Toyota Avanza (ANA) atau All New Daihatsu Xenia (ANEX), yang letaknya di bawah dek kabin sejajar dengan bemper belakang.

"Biasanya kalau kelamaan tidak pernah dicopot dari dudukannya, permukaan pelek bisa sangat kotor. Bahkan tak jarang timbul kerak karena sering terkena cipratan lumpur, dan jarang dibersihkan oleh pemiliknya," kata Wahyudi, mekanik Budi Motor di Jl. Raya Bintaro Permai, Jaksel.

Untuk menghindari tampilan kusam dan kemungkinan terjadinya kerusakan pada ban cadangan, pemilik ANA maupun ANEX dapat menambahkan cover untuk menutupi ban serep mobil barunya itu.

Selain dapat berfungsi melindungi pelek dan ban cadangan dari kotoran maupun aksi tangan jahil, penutup ban serep ini juga bisa membuat tampilan bokong mobil sebelah bawah lebih rapi (Gbr.1).

Pemasangannya pun sangat mudah dilakukan sendiri. Pertama yang mesti dilakukan adalah membuka bracket ban serep, kemudian menurunkan dari dudukannya supaya pemasangan lebih mudah (Gbr.2).

Sebelum memasang cover sebaiknya ban serep dibersihkan terlebih dulu dari kotoran, yang mungkin masih melekat dan sulit dibersihkan di bagian dalam pelek sewaktu mobil sedang dicuci.

Selanjutnya, cover yang terbuat dari bahan plastik dengan kontur mirip kulit jeruk ini, langsung dipasang menutupi bagian sisi ban cadangan sebelah luar yang posisinya menghadap ke bawah (Gbr.3).

Setelah terpasang dengan rapi, pasang kembali ban serep yang sudah tertutupi pelindung plastik tadi pada dudukan di bracket-nya (Gbr.4). Kemudian kencangkan baut pengunci pakai kunci pas sampai bracket-nya tidak goyang, supaya ban cadangan bawaan ANA atau ANEX tak mudah terlepas ketika mobil berjalan.

Soal harga, "Harganya Rp 600 ribu sudah sekalian pasang, kalau pemilik tak mau kerepotan memasangnya di rumah," promosi Anto dari Automania di ruko mega grosir Cempaka Mas blok D1 No.17, Jakpus, yang menyediakan aksesori fungsional ini.
(mobil.otomotifnet.com)


Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil