Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Modifikasi

Kamis, 29 Maret 2012 15:02 WIB

Honda Civic Estilo dan Nouva, Duo JDM Kota Kembang

Penulis : Kl:X | Foto : Kelix


 HONDA CIVIC ESTILO 1995, NOUVA 1991
Mendandani mobil kesayangan tak melulu harus berbau kencang atau identik dengan racing parts. Apalagi kalau dream car back to 90s milik Arsha Kurniadi terbilang ‘perawan’ alias full orisinal.

Honda Civic Nouva tipe SH3 yang didapat dari kota Lunpia ini memang terbilang kinyis-kinyis untuk mobil keluaran 1991. “Tetap dimodifikasi tetapi beraliran standar pabrik,” ungkapnya. Aliran apalagi nih?

STANDAR PABRIK JEPANG

 Setir versi airbag pada besutan Estilo milik Ardi terlihat ganteng meski tak berfungsi, Door trim EF9 SiR dengan fitur power window pada Honda Nouva 1991 yang tak ada pada versi lokal
Maksudnya, Civic Nouva tipe SH3 yang merupakan versi lokal, diubah tampilannya menjadi Civic versi EF9 SiR yang merupakan versi ‘full’ Japan Domestic Market (JDM).

Ini lantaran Arsha sudah bosan punya Civic Nouva dengan tampilan ceper bergaya street racing dan bolak balik menang drag race kelas 15 detik di kota tempat tinggalnya, Bandung.

Untuk upaya ini, Arsha butuh waktu 1 tahun lebih. Kalau dibandingkan dengan Nouva pendahulunya, ternyata mengubah SH3 menjadi EF9 jauh lebih sulit.

“Kalau racing parts Honda mudah didapat dan tersebar di seluruh nusantara, baik di toko maupun gerai online tetapi mencari parts OEM tipe EF9 harus hunting ke luar negeri,” bisiknya.

Sampai detik ini, bagian mobil yang belum EF9 tinggal mesinnya saja karena Arsha tetap mempertahankan mesin asli agar tetap enak dipakai harian dari rumah ke kampus. “Banyak suka dukanya sekaligus belajar bersabar,” kelakarnya.

Hal serupa juga dialami Adit Tablo yang ketahuan memiliki Honda Estilo merah hati full orisinal keluaran 1995. Tak seperti teman-temannya yang lebih senang mengacak-acak tampilan mobil dan performa mesin, Adit justru ingin membuatnya se-orisinal mungkin.

 Intersection lamp, fog lamp dan washer lamp jadi ciri khas Estilo versi JDM, Interior, karpet dan spidometer versi JDM pada Honda Nouva 1991 jadi ciri khas besutan Arsha Kurniadi
“Tetapi orisinal versi luar punya alias Japan Domestic Market biar beda dengan Estilo yang kebanyakan beredar,” ujarnya kalem. Sama dengan Arsha, Adit kudu bersusah payah untuk mengumpulkan pernik dan aksesoris versi JDM tadi.

Saking detilnya, Adit bahkan memesan 4 buah dop pelek berbahan plastik yang banyak dipakai Estilo versi Jepang. “Jadi sekarang pakai pelek besi yang ditutup dop,” ujarnya. Padahal, Estilo lokal sudah pakai alloy wheel. Ada-ada saja!

Paling mencolok dan menarik disimak pada kedua mobil Honda hatchback ini adalah detil interior dan eksterior yang bisa dibilang tak ada duanya.

Mulai dari karpet, center console, cluster spidometer, door trim, tombol-tombol hingga sticker atau decal memiliki perbedaan ketimbang versi lokal.

Door trim Civic Nouva misalnya, Arsha menyempatkan membeli versi power window yang tak pernah ada di Tanah Air pada waktu itu. “Civic versi lokal masih pakai regulator manual alias kaca engkol,” kelakarnya.

Sementara besutan milik Adit paling kentara pada bagian setir. Lingkar kemudi miliknya sudah pakai versi SRS Airbag yang di Indonesia belum popular pada waktu itu. “Airbag memang tidak fungsi tetapi yang penting gaya, Bro!” kekeh pemakai Honda Jazz RS ini.

Sungguh unik kedua pemilik Honda BT90s ini. Ibarat batu akik, mobil bisa dibilang jarang turun ke jalan. “Saya mending pakai Honda Jazz untuk keluar rumah ketimbang bikin kotor Estilo,” bisik Adit.

 Jok orisinil EF9 SiR selalu dibungkus plastik kalau ngendon di garasi rumah (kanan)
Kalau Arsha beda lagi kelakuannya. Saking susahnya mendapat jok orisinal EF9 SiR, jok selalu terbungkus plastik layaknya mobil di showroom yang masih menunggu calon pembeli. “Bukannya apa-apa, saya harus menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan jok ini,” papar Arsha.

Bicara barang langka, Arsha juga menunjuk cluster spidometer yang tertanam di dasbor. Kalau diperhatikan, di sebelah kiri, persisi di bawah tachometer terdapat indikator pintu mobil. Fitur yang tak pernah ada pada Nouva versi lokal.

Tak kalah langka adalah fitur spion retractable pada Honda Estilo milik Adit yang dibeli lengkap dengan switch (tombol) di sebelah kanan setir. “Sungguh menguji kesabaran dan dompet untuk mendapatkan kit ini dalam kondisi apik,” celotehnya sambil tersenyum puas.

Apapun upaya yang dilakukan kedua barudak Bandung ini, patut diacungi jempol. Apalagi keduanya masih berstatus mahasiswa yang notabene belum memiliki penghasilan sendiri. “Ada barang, enggak punya uangnya,” kekeh keduanya kompak. Dan sebaliknya, saat pegang uang untuk membeli, ternyata barang sudah laku.

Nasib..nasib..JDM kota Kembang!

DATA SPESIFIKASI HONDA NOUVA 1991:

OEM EF9 Front lips spoiler
OEM EF9 Rear lips spoiler
OEM EF9 Window tinted cromax glass
OEM EF9 Insulator
OEM EF9 DOHC Vtec side decal
OEM EF9 Retractable folded mirror + switch
OEM EF9 SiR 14" Alloy wheel
OEM EF9 Rear bumper
OEM EF9 SiR garnish vtec
OEM EF9 USDM tail light
OEM EF9 Steering wheel
OEM EF9 SiR door trim
OEM EF9 Power window switch
OEM EF9 SiR front & rear seats
OEM EF2 JDM 180km/h cluster
OEM EF9 Floor mats
OEM EF9 Rear safety belt mounts
Honda Access EF9 Front fog lights + Switch
Honda Access EF9 Roof console
Honda Access EF9 Dashboard mats

(mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage