Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Selasa, 01 Mei 2012 14:01 WIB

Putaran Mesin All New Toyota Avanza Abnormal Jika Lama Tertahan

Penulis : Anton | Foto : Anton

 JAKARTA - Dodi, pemilik Toyota All New Avanza (ANA) G 1.3 M/T, mengeluhkan rpm (putaran mesin) mobil yang baru dibelinya di awal 2012 ini, tertahan tiap kali mau pindah ke posisi gigi 2. "Jarum rpm tidak mau langsung turun dan tertahan cukup lama, tiap kali pindah persneling dari gigi 1 ke 2," kata pria berdomisili di Surabaya, Jawa Timur ini.

Petunjuk rpm tertahan seperti di atas sebenarnya memang didesain pabrikan Toyota seperti itu. Alias, normal.

"Gejala rpm tertahan saat lepas gas itu memang normal. Ada jeda sekitar 5-7 detik supaya putaran mesin tidak mudah drop (Gbr.1)," jelas Muhaimin, Section Head GR Technical Service Division-Sunter Workshop PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Tapi jika putaran rpm tertahan cukup lama seperti yang dikeluhkan oleh Dodi tadi, pertanda kondisinya abnormal.

"Mesti diperiksa terlebih dulu, sebab ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab masalah ini," tandas Muhaimin.

Kemungkinan pertama bisa dari bagian throttle body yang kotor, akibat pemakaian bahan bakar di luar ketentuan pabrikan atau yang kualitasnya sangat buruk (Gbr.2).

Sebab endapan kotoran dari bahan bakar berkualitas buruk, mudah menimbulkan kotoran mirip jelaga atau butiran arang yang halus dan mengental berwarna kehitaman yang menempel pada dinding sebelah dalam throttle body.

Jika kotorannya sudah banyak menumpuk, bisa menghambat sistem kerja throttle body, dan bisa menyendat putaran mesin (rpm) setelah pedal gas dilepas.

Mengatasinya, sebaiknya langsung dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus (Gbr.3). "Harus ekstra hati-hati jika membersihkannya pakai carburator atau injector cleaner. Sebab kalau tidak mengikuti prosedur perawatannya, malah bisa menimbulkan masalah baru seperti gejala knocking pada mesin," wanti Muhaimin.

Kemungkinan lainnya bisa dari stopper idle speed control yang setelannya kurang tepat. Untuk mendapatkan setelan yang akurat, sebaiknya bawa mobil Anda ke jaringan Beres (bengkel resmi) terdekat, karena perlu peralatan khusus buat penyetelannya (Gbr.4).

Lantaran umur ANA masih ‘seumur jagung’, semestinya langsung membawa besutan ini ke beres terdekat, untuk mendapatkan pertolongan pertama secara akurat.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage