Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Kia Recall

Rabu, 06 Juni 2012 11:02 WIB

Waduh, Gara-gara Masalah Airbag, 73.000 KIA Rio Ditarik!

Penulis : Ilham | Foto : KIA


Amerika – Kabar mengejutkan hadir bagi para pengguna mobil kompak KIA Rio di Amerika. Pasalnya, sebanyak 73.000 unit Rio terpaksa dipanggil kembali, alias recall karena masalah pada sistem airbagnya.

Model yang terkena dampak recall sendiri adalah varian lama buatan 2006-2008, atau yang lebih dikenal dengan nama Kia Pride di Indonesia.

Dalam pengumumannya, Kia menyatakan kerusakan airbag tersebut terdapat pada bagian penumpang depan yang tiba-tiba bisa mengembang ketika ada anak kecil yang duduk di bangku depan. Pabrikan asal Korea Selatan ini juga menampilkan pengumuman recallnya di situs badan keselamatan Amerika, National Highway Traffic Safety Administration.

Penyebab malfungsi tersebut disampaikan Kia diakibatkan oleh kesalahan sensor yang terdapat di karpet bagian penumpang depan. Dimana sensor tersebut hanya bisa mendeteksi penumpang orang dewasa. Dan tidak dapat mendeteksi saat anak kecil duduk di jok tersebut.

Seiring waktu, dengan penyetelan bangku yang dilakukan berulang kali, sensor akan membaca sebagai sebuah kecelakaan yang memungkinkan kantong udara untuk mengembang dan kemungkinan dapat melukai si anak.

Sampai saat ini, belum ada kejadian yang fatal akibat kerusakan airbag tersebut. Namun Kia akan mengganti komponen semua mobil yang bermasalah secara gratis mulai bulan Juli nanti. (mobil.otomotifnet.com)



Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil