Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Kamis, 07 Juni 2012 11:04 WIB

Mengenal Format Video di Mobil

Penulis : Anton | Foto : Anton

 
JAKARTA - Monitor head unit yang secara multifungsi dapat mendukung kebutuhan multimedia di dalam kabin, ternyata kerap disalahartikan oleh penggunanya. Meski sudah didukung beragam aplikasi player, mulai format musik hingga video, tak sedikit yang terkecoh akibat kurang memahami fitur yang tersedia.

PENGETESAN LANGSUNG
Teknologi audio-video yang kini berkembang pesat terutama pada gadget terkini, aplikasinya kerap bertabrakan dengan kemampuan men-support dari driver utama.

Head unit monitor sebagai driver utama pada sistem audio-video standar mobil, fitur yang tersedia sebenarnya bisa dicermati melalui manual book yang disediakan pabrikan mobil.

Berdasarkan data yang ada dalam manual book, Anda akan lebih mudah mengetahui fitur apa saja yang cocok (kompatibel) dengan eksternal player yang akan digunakan.

Problem sebenarnya bukan berasal dari gadget eksternal yang akan digunakan, melainkan format apa saja yang dapat di-support oleh sistem aplikasi head unit.

"Seharusnya setiap mobil baru menyediakan data keterangan di setiap unit monitor yang digunakan sebagai komponen standarnya," jelas Indrajaya, instalatur Hi-Tech Audio Mobile di Kembangan, Jakbar.

 Koneksi IPod belum tentu berfungsi
Secara fisik memang tak bakal terdeteksi kemampuan dari head unit monitor bawaan mobil. Untuk itu perlu dilakukan pengetesan langsung, untuk menjajal satu per satu fitur yang tersedia jika dimainkan bersama aplikasi video dalam berbagai format.

Hal ini sekadar untuk memastikan kebenarannya, apakah memang fitur video bisa memutar semua format seperti MP4, HD atau hasil kompresi dari file Blueray yang disebut dengan format MKV (Matroska Video).

Semisal format MKV, yang dapat dimainkan pada iPhone. "Waktu saya coba mainkan di salah satu monitor bawaan mobil baru, memang sudah bisa. Tapi anehnya, saat dites di monitor mobil versi aftermarket, justru tidak mau," ungkap Willy, pembesut Honda New CR-V 2009.

Kondisi tersebut sebenarnya dipicu dari ketidaksinkronan sistem, yang berbeda antara driver dengan iPhone. Kecuali jika pada manual book tercantum keterangan bahwa, head unit yang dipakai sudah men-support iPhone (works with iPhone).

 Monitor standar mobil umumnya hanya support format mp4 dan flv
Keterangan works with iPhone merupakan penanda, bahwa sistem aplikasi yang tersedia pada head unit monitor di mobil, bisa dimainkan bareng semua aplikasi video pada gadget lansiran Apple itu.

Seperti untuk memutar file video berformat AVI, MP4, FLV, MPEG 1.2, DAT, IFO, QT, VRO, MTS, MOV, MKV, WMV, VOB dan masih banyak lagi aplikasi yang memungkinkan dimainkan pada iPhone.

Sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan pada kemampuan head unit monitor standar mobil, dalam menyediakan pemutar video dengan format beragam, Anda bisa lakukan langkah konversi dari file yang tak terbaca sistem ke dalam format video yang umumnya di-support monitor standar pabrikan mobil.

Program konversi dari format file yang tak lazim dibaca oleh head unit monitor, bisa gunakan beberapa software. Salah satunya seperti program Movavi Video Converter, yang dapat mengubah format MKV menjadi MP4 atau sebaliknya.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage