Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Aksesoris Mobil

Kamis, 27 September 2012 15:04 WIB

Tren Jok Mobil, Warna Tan dan Motif Patah-patah

Penulis : Bud, MAG | Teks Editor : Bagja | Foto : VERTUE


Berapa lama dalam sehari Anda duduk di mobil? Jika jawabannya berjam-jam, sudah waktunya Anda menyegarkan kembali jok mobil. Tak hanya makin enak diduduki, namun juga sedap dipandang mata dan tak ketinggalan tren. Ada warna yang lagi jadi trending topic, yaitu Tan. "Kelirnya lebih kecokelatan atau lebih gelap dari warna beige," sahut Edy, car trimmer Vertue, Sunter, Jakarta Utara.

Warna ini belakangan mencuat karena konsumen sudah bosan dengan warna hitam atau beige. Menurut Edy, warna ini terinspirasi dari warna jok Maserati dan Ferrari.

Agar tampilan jok mobil bisa tampil prima, lakukan langkah-langkah secara komprehensif. Yaitu pemilihan desain, kemudian warna bahan. Pengin bahan kulit atau sintetik serta model cutting-nya (jahitannya). Terakhir tentu kerapian akan detailnya.

Tetapi sebelum melakukan eksekusi di toko-toko car seat tengok dulu apa warna interior mobil Anda. Jika berkelir hitam, maka semua warna bisa masuk alias dapat dipadu-padankan. Kalau krem/beige cocoknya dengan bahan kulit atau sintetik hitam, krem dan semua warna turunannya. "Paling susah kalau interior abu-abu. Cuma bisa matching dengan hitam dan abu-abu," lanjut Edy, pemegang merek bahan kulit Wollsdorf asal Austria. Ia juga memiliki bahan sintetik merek Edelweiss. Kedua bahannya halus tanpa serat (embose).

Desain menjadi kata kunci. Di sini Anda bisa bebas bermain sesuai selera. Jangan takut bermain aneka warna agar tampilan jok baru eye catching. Jangan lagi hitam, beige atau abu-abu. Lakukan diskusi dengan car trimmer langganan Anda agar diperoleh hasil maksimal.

Jika harga bahan kulit terbilang mahal bagi kocek Anda, bisa dipadukan dengan sintetik. Pastinya area duduk berlapis kulit sementara samping dan belakang jok bisa pakai sintetik. "Kalau kombinasi ini harga bisa 30%-40% lebih murah”, ungkap Edy. Mau lebih terjangkau lagi, abaikan desain model custom alias tetap mempertahankan tampilan jok standar. Biar terlihat sudah diganti maka biasanya diberi sentuhan kerut atau garis-garis bidang.

Sementara itu di lantai modifikasi ada tren baru yang dimunculkan Andre Mulyadi dari Signal Kustom, Bandung. Juara kontes modifikasi Yaris Show Off 2012 ini tampil dengan dengan tren patah-patah. Mirip istilah penyanyi dangdut. Tapi nama kerennya, "Custom personalisasi carbon seats," sahut Andre. Idenya muncul untuk mengejar tema fungressive sporty dan trendsetter sesuai tema kontes.

Jok ini dibuat di atas carbon fiber seats yang dibuat costum sesuai dengan ukuran pemilik mobil. Kemudian diberi bentuk beberapa padding yang telah diuji letak dan posisinya sehingga bentuknya secara estetika baik. "Dan secara fungsi sangat nyaman."

Langkah selanjutnya mencomot bahan sintetik dengan memberi laser engraving untuk dilukai dengan motif dan pattern yang sesuai tema mobil. Bahan semi kulit tersebut memudahkan untuk dibentuk dengan sistem laser. Andre memilih warna dominan kuning (bahan sintetik) dan hitam pada carbon plain. Proses pembuatan motif patah-patah ini memakan waktu 7 hari kerja.

Model jok mobil-mobil modifikasi, mobil konsep, umumnya bisa menjadi inspirasi Anda membuat interior mobil menjadi lebih segar. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil