Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Spare Part

Jumat, 05 Oktober 2012 16:04 WIB

Parts Substitusi Honda Brio, Pakai Honda Jazz, Bisa!

Penulis : Anton | Foto : Anton


Dalam hal perawatan berkala Honda Brio, para pemiliknya tak perlu risau jika kebetulan ketersediaan suku cadang orisinal mobil tak tersedia di bengkel resmi. Sebab untuk pengganti komponen asli Brio dapat dilakukan metoda substitusi parts sejenis dari varian Honda yang lain.

"Beberapa komponen fast moving Honda Jazz memang dapat digunakan pada Brio," buka Sarto Rombe, Service Manager Honda Megatama Pondok Pinang, Jaksel. Karena memang platform Brio menggunakan Jazz, baik sasis, mesin, transmisi dan suspensi.

Alhasil, beberapa komponen fast moving yang dapat disubstitusikan ke Brio. Contoh filter-filter mulai dari oli, AC, udara dan bensin, termasuk V-belt serta kampas rem depan dan belakang (model teromol) milik Jazz.

Untuk pelumas mesin maupun transmisi, baik versi manual atau otomatis, tetap unakan produk rekomendasi pabrikan mobil Honda. "Oli mesinnya disarankan pakai Honda Automobile Oil E-Pro Blue, SM 5W-30 full sintetis. Untuk oli transmisi, tersedia ATF-Z1 untuk tipe matic dan MTF buat tipe manualnya, dengan kemasan botol 1 liter," jelas Sarto.

Sedangkan untuk saringan AC tersedia dua pilihan. Yaitu tipe standar dengan kertas fiber putih polos, serta komponen yang mengandung material serbuk karbon aktif berwarna keabu-abuan pada kertas filter-nya.

Fungsinya selain dapat menyaring debu dan kotoran sebelum masuk ke dalam evaporator, juga bermanfaat untuk menyaring udara yang mengandung bau tak sedap agar bisa kembali segar.

Detil seputar harga komponen asli fast moving untuk Honda Brio, selengkapnya dapat disimak pada tabel berikut. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here