Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Senin, 22 Oktober 2012 13:02 WIB

Pasang Rear Fog Lamp LED Suzuki Ertiga

Penulis : Anto | Foto : Anto


Enaknya di klub, segala kreasi untuk menambah performa maupun tampilan mobil bisa dibagi ke sesama anggota. Seperti yang dilakukan sebagian anggota Suzuki Ertiga Club Indonesia (ERCI). Nah, fokus trik yang diberikan ERCI kali ini masih tertuju pada fog lamp di bumper belakang.

Dimana pada bumper bawaan Suzuki Ertiga, telah tersedia rumah untuk ditempati fog lamp. “Kalau sebelumnya bisa diisi rear fog lamp milik Suzuki Splash, kini kami bisa pasang hasil kreasi sendiri,” ujar Ferry Yanuaristanto, ketua umum ERCI.

Kreasi yang dimaksud adalah seperangkat lampu kabut desain baru hasil karya Vega Naruto, salah satu sesepuh klub. “Kreasi saya ini berupa LED display, yang bisa menunjukkan tanda tertentu, seperti nomer anggota klub,” jelas Vega yang bernomor anggota 0227 ini (Gbr.1).

Pemasangannya pun menurutnya tidak rumit lantaran bisa dikerjakan sendiri. Langkah pertama lepas penutup cover bawaan pabrik yang menutup rumah fog lamp belakang (Gbr. 2). Cukup buka ikatan dua mur di baliknya menggunakan obeng. Sebelumnya turunkan dulu ban cadangan agar leluasa melepas penutup cover tadi.

Setelah penutup cover terlepas, tempatkan panel display yang bermaterial akrlik kreasi Vega di rumah fog lamp belakang tersebut (Gbr.3). “Cukup kuat kok pakai double tape saja, dijamin enggak jatuh,” klaim pemilik Ertiga GX modifikasi ini yang mengingatkan juga untuk memasukkan juga jalur kabelnya.

Nantinya jalur kabel ini harus dihubungkan secara pararel dengan kabel stop lamp. Nah, setelah panel display LED terpasang, Vega menyarankan agar celah yang tersisa dengan rumah fog lamp bisa juga dimanfaatkan dengan mengisi sealent akuarium agar lebih kuat dudukannya.

Panel display LED kreasi Vega ini masih diproduksi secara bertahap dan bisa diperoleh oleh sesama anggota ERCI. Harga khusus member ERCI yang ditawarkan senilai Rp 275 ribu. Berminat? Langsung kontak ERCI.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil