Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips

Senin, 19 November 2012 12:01 WIB

Sistem Pengereman, Soal Kaliper Rem

Penulis : Toncil | Teks Editor : Bagja | Foto : Toncil, KLX


Kaliper rem sebagai tempat bersemayamnya piston rem. Karena adanya tekanan dari minyak maka piston akan bergerak dan menekan kampas rem. Dilihat dari proses tersebut, sangat mungkin piston rem tersebut rusak. "Piston tersebut bisa baret dan karat karena debu, pasir dan air. Maka harus dilakukan perawatan berkala," ungkap Sarto.

Perawatan yang dilakukan supaya kaliper atau piston rem tetap bekerja dengan baik hanya dengan menjaga kualitas minyak rem. Lakukan penggantian secara berkala paling tidak 1 tahun. Atau, lakukan pembongkaran utuh pada perangkat rem paling tidak 2 tahun sekali.

Selain dengan melakukan penggantian minyak rem, menjaga kebersihan dari karet seal piston juga penting. Pada karet itu terdapat banyak debu. Sebenarnya untuk merawat karet tersebut tak terlalu sulit hanya butuh ‘pengorbanan' saja. Hanya perlu membuka baut kaliper bagian bawah, kemudian ungkit kaliper.

Terdapat karet pada bulatan besar. Nah, karet itulah yang dibersihkan. Cukup pakai air saja atau brake cleaner. Kemudian keringkan. Pastikan kering karena kalau tidak justru bisa menimbulkan karat.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil