Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

The All New Ranger Fuel Efficiency Challenge

Jumat, 23 November 2012 14:11 WIB

New Ranger Makin Nyaman Pakai Fitur Cruise Control di Pantura

Penulis : Ilham | Foto : Ilham


Brebes - Sejak start di pelabuhan Tanjung Priok hingga waktu pergantian driver pertama di Indramayu dan dilanjutkan sampai ke sesi makan siang di Brebes, jalanan yang dilalui rombongan "The All New Ranger Fuel Efficiency Challenge" didominasi oleh trek lurus dan jalan tol. 

Hal tersebut tak kami sia-siakan untuk mengetes fitur cruise control yang terdapat pada mobil Ford New Ranger tipe XLT manual yang menjadi tunggangan seluruh awak media dalam kegiatan test sekaligus adu irit New Ranger.

Cara mengaktifkan cruise control pada New Ranger cukup mudah. Yakni dengan menahan kecepatan dan tekan tombol OK dan SET+ pada setir bagian kanan. Nantinya, kecepatan akan stabil tanpa pengemudi harus menginjak pedal gas. Jika kecepatannya dirasa kurang, injak pedal gas sampai kecepatan yang diinginkan dan tekan tombol SET+ lagi. 

Sedangkan untuk me-nonaktifkan mode cruise control, cukup dengan menginjak pedal rem. Jadi tak perlu cemas jika kecepatannya dianggap terlalu kencang

Selain membuat tidak pegal, keistimewaan yang ditawarkan mode cruise control adalah efisiensi bbm. Pasalnya, putaran mesin dan kecepatan tetap terjaga secara stabil dan presisi tanpa memainkan pedal gas.

Sebagai catatan di jalur Pantura, kami menjaga kecepatan rata-rata di angka 60 km/jam. Sementara di tol Cikampek dan Palimanan sekitar 90-100 km/jam yang dibantu transmisi manual 6-speednya yang dapat memberikan rpm lebih halus. 

Dan terbukti dari angka efisiensi MID yang tercatat, saat tak memakai cruise control konsumsi bbm bisa mencapai 11,3 liter/100 km. Sedangkan fitur cruise control mampu bertahan di angka 3,3 - 7,1liter/100 km. Tentu hal tersebut juga dipengaruhi kontur jalanan. Dimana bbm akan lebih boros kala menanjak, dan sangat irit kala menemui turunan. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage