Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Selasa, 18 Desember 2012 10:06 WIB

Mitsubishi Pajero Sport, Pasang Lampu Rem Tambahan

Penulis : Rio | Foto : Rio


Tampang belakang Mitsubishi Pajero Sport terbilang gagah dan sporty dengan bumper kelir hitam, dan dihias lampu mundur mungil di bagian bawah. Tak hanya berfungsi sebagai lampu mundur, ternyata masih ada sisa sedikit di sebelah, yang difungsikan sebagai cat eye. Jadi, hanya berfungsi sebagai reflektor untuk meningkatkan keamanan kala berkendara.

Nah, PT. Sinar Cahaya Sentosa selaku distributor lampu Eagle Eyes tak ingin hanya sekadar lampu mundur yang menyala. Seperangkat lampu baru seharga Rp 1,5 juta ditawarkan, hanya saja kali ini bisa dirangkai agar bisa berfungsi sebagai lampu rem berikut lampu kota tambahan. "Pilihannya ada kelir merah putih, putih polos biasa ataupun aksen smoked," jelas Indra Kurniawan, juragan Eagle Eyes di Indonesia (Gbr. 1).

Instalasinya memang mudah, sudah tersedia braket sesuai aslinya, plus tinggal pasang tanpa ada ubahan apapun di lokasi aslinya. Tapi, untuk memasangnya perlu membongkar bumper belakang. "Soalnya lokasi lampu nyelip di balik bumper dan mentok sama pelat bodi pas ingin mengeluarkan," papar Indra lagi (Gbr. 2). Nah, bongkar bumper ini yang agak rumit, karena banyak klem dan baut pengikatnya.

Jangan lupa juga melepas soket-soket lampu dengan kabel sensor parkir. Paling rawan ketika mencopot, karena mesti sedikit merenggangkan overfender agar bumper bisa ditarik keluar. Kalau pun dirasa sulit, Eagle Eyes tetap bisa memasangkan dengan tambahan Rp 200 ribu untuk sepasang lampu kok.

Ketika bumper sudah terlepas, nantinya lampu asli tinggal dilepas. Dari paketnya, sudah terdapat kabel untuk disambungkan ke kabel bawaan mobil. Kabelnya pun sudah tersedia di balik bumper kok. Lalu, kabel putih dengan tulisan Running di-jumper ke lampu kota, lalu kabel merah dengan tulisan Brake untuk lampu rem (Gbr.3).

Lalu, lampu mundur sendiri telah disiapkan soket lampu sesuai aslinya. Jadi, tinggal lepas lampu dan pasang kembali di tempat aslinya. Untuk mengunci, 2 buah sekrup di bagian atas dan sebuah sekrup di bagian bawah tinggal dikencangkan menggunakan obeng kembang.

Sekarang, enggak hanya meningkatkan keamanan karena lebih terlihat, tapi juga bisa meningkatkan kesan gagah Pajero Sport kesayangan.

Setuju kan? (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage