Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Jumat, 04 Januari 2013 16:38 WIB

Klakson Grand Livina, Gantinya Gampang, Bongkarnya Susah

Penulis : Rio | Foto : Reza


Klakson kadang jadi perangkat yang menyebalkan kalau dipakai terlalu banyak. Apalagi kalau lagi antre di lampu merah, belum juga lampu berganti hijau, tapi sudah banyak yang klakson minta jalan. Rasanya ingin semua kendaraan tidak usah dilengkapi klakson dari pabrikannya.

Namun, seandainya tidak dilengkapi, toh bakal repot juga kalau mesti memberikan informasi keberadaan mobil di jalan yang sempit. Begitu juga yang dialami sahabat OTOMOTIF bernama Resal. Maksud hati ingin memberitahu motor di depan yang mendadak pindah jalur, ternyata klakson Nissan Grand Livina (GL) 2008-nya mati tanpa ada suara. Anehnya, ketika setir dibelokkan kok mendadak klakson bisa nyala tanpa masalah.

Usut punya usut, ternyata sumber masalahnya dari kabel pada housing setir yang jadi satu dengan perangkat seperti lampu sein dan tuas wiper. "Soalnya ketika dicek di klaksonnya langsung masih bisa nyala," papar pegawai swasta yang bekerja di bilangan Sudirman, Jakpus ini. Nah, ganti kabelnya memang mudah, tapi proses membongkarnya saja yang lebih repot.

Pertama, mesti buka dulu sekrup pengikat cover di bagian bawah setir dengan melepas 2 buah sekrup menggunakan obeng kembang (Gbr.1). Setelah sekrup terlepas, tarik cover perlahan ke arah luar sambil diungkit. Paling repot ketika melepas cover klakson. "Mesti menahan 2 buah nok pengunci di sisi belakang setir, kiri dan kanan (Gbr.2). Tekan keduanya bersamaan, baru cover klakson bisa dibuka," papar Sukandi Endah, mekanik OSS di Jl. Panjang No.8A, Jakbar.

Oh ya, ketika melepas cover klakson, jangan lupa perhatikan terdapat sebuah kabel mungil berwarna hijau yang berfungsi untuk klakson. Lepas soketnya terlebih dahulu. Kalau setir sudah terlepas, selanjutnya buka setir menggunakan kunci sok 17 mm (Gbr.3). Next tinggal tarik setir keluar. Begitu setir sudah terlepas, nanti di bagian bawah terdapat housing tempat kumpulan kabel pengatur lampu utama dan sein, yang tergabung dengan fitur wiper.

Lepas juga soket-soket kelistrikkan di balik setir, lalu tinggal cari sumber masalahnya. Nah, khusus di GL berkelir hitam ini, ternyata kabel klaksonnya putus di tengah. Posisinya di soket yakni kabel hijau yang berada di paling ujung kiri (Gbr.4). Mau tak mau mesti ganti kabel baru. Kalaupun kabel pengganti tidak ada, perhatikan saja kondisi kelistrikkan di sampingnya yang tidak difungsikan, seperti airbag.

Setelah kabel tersambung kembali, selanjutnya tinggal merakit kembali sesuai urutannya kan. Tapi ingat, jangan keseringan pencet klakson ya kalau memang tak perlu banget, hihihi... (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here