Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Chevrolet Indonesia

Senin, 28 Januari 2013 08:05 WIB

Chevrolet Spin, Pakai Mesin Apa Sih?

Penulis : Tim OTOMOTIF | Teks Editor : Bagja | Foto : Pilot


Setelah desain eksterior dipajang di gelaran Indonesia International Motor Show 2012 lalu, sekarang yang menjadi pertanyaan akan memakai mesin berapa cc yang akan hadir di semester pertama 2013 di Indonesia?

Pastinya, Spin bakal bikin persaingan low MPV seperti All New Toyota Avanza, All New Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga semakin sengit. Bukan apa-apa, karena nama besar pesaing yang lebih dulu hadir lebih kuat. Menurut sumber terpercaya OTOMOTIF, Chevrolet harus bermain fitur mumpuni dengan value for money terbaik agar bisa menembus pasar 7-seater Tanah Air. Kabarnya nih, harga yang ditawarkan enggak lebih dari Rp 200 juta.

Persaingan awal, Spin bakal diproduksi di Indonesia alias CKD (Completely Knock Down), alhasil harga bisa lebih ditekan. Bukan omong kosong mengingat bisikan sang sumber, dalam waktu dekat Chevrolet bakal membuat acara di pabrik Pondok Ungu, Bekasi. Apakah itu line produksi Spin?

Menurut situs Chevrolet Brazil, Spin punya 2 varian LT dan LTZ. Pun begitu dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.800 cc. Namun, begitu masuk sini, rasanya konfigurasi ini bakal mentah. Soalnya, saudaranya Orlando yang juga jenis MPV sudah menggunakan mesin serupa; 1.800 cc. Masa iya, Spin yang diposisikan low MPV punya kapasitas mesin seperti Orlando?

Selain bisa mematikan saudaranya sendiri, tentunya harga jual jadi akan tinggi karena terbentur pajak. Namun andai saja memang memakai 1.8L, positioning akan berada di segmen Nissan Grand Livina 1.8 atau bahkan nyerang Toyota Kijang Innova.

Jika tidak benar demikian, artinya harus pakai mesin lebih kecil agar bisa bersaing (harga). Melihat saudara lainnya, sumber tenaga paling mungkin adalah punya All New Aveo yang berkapasitas 1.400 cc.

Selain hanya beda tipis dengan kompetitornya, pajak juga bisa ditekan. Namun, sumber OTOMOTIF tadi memberikan teka-teki lain. Spin akan mempunyai 2 pilihan mesin, masing-masing punya opsi transmisi otomatis dan manual.

Apakah mungkin mesin All New Spark yang hanya 1.200 cc yang menjadi pilihan mesin keduanya? Bisa jadi! (mobil.otomotifnet.com)



Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil