Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Umum

Minggu, 03 Februari 2013 10:51 WIB

Jor-joran Diskon Mobil Baru, Potongan Hingga Rp 30 juta Plus Hadiah

Penulis : Bud, Harryt, Uut | Foto : UUT


Anto, sebut saja begitu, lumayan cerdik. Meski sudah ingin membeli mobil, tetapi dia tidak ingin terburu-buru. Pegawai swasta di Jakarta ini menunggu momen yang tepat, yaitu awal tahun 2013. Pertimbangannya, dealer menggelar diskon gede-gedean untuk menghabiskan stok yang ada. Kabarnya, ada sekitar 150 ribu unit produk 2012 yang belum laku.

Benar juga, medio Januari lalu ia membeli satu unit Daihatsu Terios TX seharga Rp 174 juta dari harga resmi 189 juta. Alias mendapat diskon Rp 15 juta di sebuah dealer kawasan Tangerang, Banten.

Tidak hanya Daihatsu, hampir seluruh merek kendaraan roda empat tengah melakukan program promo dan diskon khusus untuk menghabiskan ‘stok gudang’. Group Suzuki paling gencar melakukan itu. Bahkan dealer pabrikan itu mengiklankan produknya di koran nasional. Lengkap mencantumkan VIN (Vehicle Identification Number) yang dijual dengan diskon khusus.

PT Suzuki Indomobil Sales, produsen yang menjual 2 produk itu memberikan promo khusus buat para pembeli Suzuki SX4 dengan VIN 2012. “Selain tripel bonus yang didapatkan, kami juga memberikan subsidi sebesar Rp 16 juta dan dealer Rp 7 juta. Jadi total diskon mencapai Rp 23 juta,” jelas Davy Tuilan, 4W Marketing–Dealer Network Development Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Hanya produk Suzuki Sx4 yang mendapatkan fasilitas diskon paling wah itu. Sedangkan untuk produk Suzuki lainnya hanya mendapatkan tripel bonus saat pembelian, termasuk kepada Suzuki Ertiga yang menjadi maskot produk-produk Suzuki.

PT Plaza Auto Prima, dealer khusus merek Toyota, memberikan bonus melimpah untuk setiap pembelian mobil dengan VIN kode 2012. Namun hanya beberapa jenis mobil yang tersisa untuk dipasarkan pada 2013. Seperti Toyota Fortuner, Land Cruiser, Alphard, Vios, Hilux Double Cab dan Hiace.

Khusus untuk pembelian Fortuner VIN code 2012, mendapatkan diskon cash back kisaran Rp 20 juta. Ditambah lagi dengan free service and spare part sampai dengan 50.000 km. “Bonus lainnya bisa memilih pemasangan kaca film, pelapis anti karat, karpet dasar, sarung jok kulit, pelindung cat, care kit sampai peredam suara. Untuk paket bonus ini, syarat dan ketentuan berlaku,” jelas Tibisana W Tibin, Branch Manager Plaza Toyota di Jalan Panjang, Sunrise Garden, Jakarta Barat itu.

Untuk jenis lainnya seperti Toyota Vios mendapat cash back kisaran 10 jutaan. Land Cruiser dengan Rp 30 jutaan, Alphard 20 jutaan, Hilux double cab dengan Rp 15 jt dan Hiace Rp 15 juta.

PT Kramayudha Tiga Berlian Motors tidak mau kalah. Bahkan diberlakukan untuk semua produknya. “Tidak sampai kita iklanin sih. Tapi promo sudah kami sampaikan pada saat pameran atau di dealer langsung. Dan itu berlaku untuk semua produk Mitsubishi, dari Mirage, Outlander hingga Pajero Sport. Tapi jumlah diskonnya tergantung produknya. Sekitar Rp 10 jutaan lah,” ujar Jerry Amran, Public Relations Officer KTB.

Honda Prospect Motor selaku produsen merek Honda hanya membuka program promo untuk jenis Brio. “Kalau Jazz dan CR-V tidak ada stoknya. Mungkin kalau di dealer ada sedikit. Dan program promonya dilakukan dealer sendiri. Khusus untuk Brio karena CBU kami memberi promo khusus dengan lucky draw berhadiah seperti TV, DVD dan lain-lain. Juga ada diskon uang,” ungkap Jonfis Fandy, Marketing Director dan purna jual HPM.

Astrido Daihatsu, yang menjual mobil merek Daihatsu, juga menggelar promo menarik berupa diskon spesial. “Besarnya diskon bersifat personal. Artinya tiap customer bisa berbeda. Minimal diskon rata-rata Rp 10 juta,” ujar sales representative Astrido Daihatsu Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang tidak mau disebut namanya.

Ketersediaan unit pun bersifat limited, yakni hanya untuk Terios TS Extra M/T, Terios TX M/T, New Xenia M Sporty M/T (1000 cc), New Xenia Attivo M/T (1300 cc), New Xenia Family M/T (1300 cc), Luxio X M/T dan Luxio X A/T. “Untuk New Xenia M Sporty M/T tersedia 2 unit, namun untuk New Xenia Attivo M/T dan unit lainnya hanya tersisa 1 unit. Kecuali Terios TX M/T tersisa 6 unit,” bebernya.

Untuk maksimal diskon, gadis berambut ikal ini enggan menjawab. “Kalau untuk masnya saya kasih diskon Rp 12 juta, deh. Itu sudah maksimal. Oya semua unit VIN 2012 juga masih berlaku free kontrak servis selama 3 tahun atau 60.000 km. Lumayan loh, itu setara dengan Rp 2 jutaan,” imbuhnya.

Toh, Richard Cenniago selaku Brand Manager PT Tunas Mobilindo Perkasa Pondok Gede mengaku masih ada satu dua calon pembeli menanyakan kendaraan Daihatsu produk 2012. “Karena stok di dealer kami sudah kosong, biasanya kami meminta dealer tetangga. Memang sih kami memberi diskon khusus. Dan untuk membedakan produk itu keluaran tahun berapa bisa dilihat VIN alias nomor rangka mobil tersebut. Untuk VIN 2012 itu dengan kode JCK, sedang JDK untuk tahun 2013,”ujar Richard. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here