Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Kamis, 07 Maret 2013 07:04 WIB

Ganti Pelek Brio, Pakai Sesuai Kebutuhan

Penulis : Fend | Teks Editor : Bagja | Foto : Tyo


Punya keinginan ganti pelek? Kalau bisa, jangan asal ikut-ikutan tren. Banyak desain dan ukuran menggiurkan di berbagai sosial media yang jadi ‘racun' dan bikin pemilik kendaraan jadi galau. Seperti dialami members Honda Brio Club Indonesia (HBCI), yang kerap minta tanggapan 'agan-agan' di sosial media.

Sebagai kendaraan baru (di-launching Agustus 2012), banyak pemilik Brio belum melakukan penggantian pelek. Meski diakui, pelek standar 14 inci PCD 4x100 dengan ban 175/65R14 dirasa kurang pas. "Apalagi tenaga city car ini lumayan besar," ungkap Kevin Jayadi, member Brownies (Brio Owners Indonesia), sebutan pemilik Honda Brio yang tergabung di HBCI.

Bahkan ada yang mencoba sampai 8 kali untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan dengan mempertimbangkan berbagai estetika. Misal apakah pelek akan mentok (ngesrot) ke sepatbor pada kecepatan tinggi, belok atau bawa beban banyak, bagaimana juga bantingannya jika menghadapi jalan tidak mulus.

Nah, kesempatan kopdar (kopi darat) pun dimanfaatkan buat saling melihat kaki-kaki para Brownies. Tampak beragam ukuran pelek aftermarket, dari 15 hingga 18 inci dan spek ban mulai 195/45 hingga 215/35.

Seperti Linda Silviana yang mengadopsi pelek TE dibalut ban 195/50R15. Ia tak takut roda akan mentok meski mobilnya dimuati 4 orang penumpang. Sementara Kevin yang juga pembalap, menganggap paling tinggi cukup pakai pelek 17 inci.

Jika memaksa pakai pelek 18 inci, "Diajak menikung tidak mentok, tetapi bantingan terasa mentok pada kecepatan di atas 120 km/jam. Makanya Brio saya hanya keluar seminggu sekali. Jalan berlubang juga jadi musuh utama," urai Hamengku, pemakai pelek Forged TE dibalut ban 215/35ZR18.

Selain itu, ia merasa konsumsi BBM jadi lebih boros biasanya, 1:14 kini 1:12. Saat ketemu tanjakan mobil terasa berat. Lebar ban paling sip 205, "Kalau 215 dinding ban sudah terlalu keluar," lanjutnya.

Jadi, pelek ukuran berapa yang pas tanpa mengganggu kenyamanan? "Bisa pakai 16 inci dengan lebar standar 7 inci. Permukaan pelek dan ban rata dengan bodi mobil, sehingga kotoran di jalan tidak menyiprat ke bodi," jelas Yohanes dari Jayaban Autofashion di Mega Kemayoran, Jakpus.

Banyak pilihan model pelek, namun ia mengingatkan, jangan ambil desain hellaflush karena terlalu keluar. Begitupun spek ban, "Paling aman dan tidak ada masalah pakai spek 195/50R16," katanya.

Nah, para Brownies yang mau ganti pelek aftermarket, mestinya ukuran disesuaikan kebutuhan.  (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil