Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Kamis, 21 Maret 2013 09:34 WIB

Yuk, Dandani Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Penulis : Toncil | Foto : Reza


Tak bisa dipungkiri, Agya dan Ayla butuh sedikit upgrade biar lebih nikmat dipakai. Seperti sistem peĀ­redam kabin tentu harus dibenahi. Ketika OTOMOTIF melakukan first drive terhadap kedua mini hatchback ini, sangat terdengar jelas ketika proses starter mesin. Demikian juga dengan lemparan-lemparan batu di kolong sepatbor. Atau juga sektor kenyamanan ketika duduk.

Demikian juga kenyaman berkendara dan bagi penumpang. Bakal lebih enak kalau jok yang terpasang di-custom. Pasalnya, jok memiliki busa tipis dan permukaannya terlalu flat. Sehingga saat menikung, badan terasa bergeser.

Coba nih intip inspirasi OTOMOTIF supaya Agya dan Ayla lebih cakep.

Eksterior

Mendongkrak tampilan eksterior, paling mudah dengan ganti pelek. Ukuran standar pakai 13 dan 14 inci. "Prediksi sih maksimal 18 inci, tapi itu sudah tidak terlalu nyaman dipakai harian," komentar Johan dari Autostyle di Jl. Griya Utama Raya blok A No.28, Sunter Griya Kemayoran, Jakut.

Opsi berikutnya dengan memperhatikan kenyamanan, bisa pakai 16 atau 17 inci. "Ukuran ini lebih pas untuk mobil kecil. Jadi tidak terlihat kegedean pelek," tambahnya. Untuk ukuran 17 inci, ban yang dipasang 205/40 sedang untuk 16 inci ukurannya bisa 195/45.

Jika sudah menentukan ukuran, jangan lupa tentukan juga model. Ada 2 model yang bisa dipilih, elegan dan sport. "Untuk sport, bisa pilih yang palang namun bilahnya jangan terlalu banyak. Kalau mau menunjukkan mobil agak lebih besar bisa pilih desain akar," sebutnya.

Pemilihan warna juga penting. Jika mobil yang dimiliki gelap, maka pelek sebaiknya terang, begitupun kebalikannya.

Mengenai harga, untuk ukuran 17 inci sekitar Rp 7,5 juta dengan ban lokal. Sementara 18 inci sekitar 9,5 juta. Ukuran 16 inci tentu lebih murah.

Interior

Jok standar keduanya tergolong tipis dengan desain yang monoton. Untuk lebih menyegarkan bisa aplikasi bahan sintetis. "Selain diganti bahan, sebaiknya juga sekalian dibuat berkontur," sebut Dana Iswanto, brand manager MBtech.

Untuk penggantian bahan dan penambahan busa jok serta pembuatan kontur kira-kira menghabiskan dana sekitar Rp 2,5 juta. "Tapi konturnya tidak bisa banyak, nantinya justru bikin sempit. Terpenting busa jok ditambah," seru Ivan Prabowo Salim dari Fabio Car Leather di Boulevard Kelapa Gading blok WE2/4A, Kelapa Gading, Jakut.

Dana juga menyarankan pemasangan jangan model cover, tapi dibuat permanen. Sebab, selain hasilnya akan maksimal juga lebih tahan lama.

Selain jok, maksimalisasi interior juga bisa dengan aplikasi peredam. Ada dua model peredam, yang aspal dan jeli. Untuk pemasangan, model jeli lebih mudah. Dijual berupa lembaran dengan besar 50x60 cm.

Andrie Wijaya dari Bassindo di Kelapa Gading, Jakut menyebut ada beberapa tempat yang sebaiknya dipasang peredam. "Tahap pertama di firewall dan pintu. Jika mau ditambah, bisa sekalian dengan lantai dan pintu paling belakang," tutur pria yang menjual merek X-Trememat tersebut.

Untuk firewall kira-kira dibutuhkan 3 lembar. Sementara setiap pintu sekitar 2 lembar, serta lantai butuh 18 lembar. Harga per lembar Rp 150 ribu.

Audio

Perangkat audio standar dari kembar identik ini juga bisa dimaksimalisasi. Tahap pertama menurut Andrie dengan mengganti speaker depan dan belakang. "Versi standar biasanya single cone, ganti dengan yang split. Jadi suara stereo dan staging-nya bisa diperoleh," sebut pria ramah ini. Untuk harga, speaker depan dihargai Rp 750 ribu-Rp 3juta. Sementara bagian belakang mulai Rp 900 ribu.

Jika dirasa masih kurang bisa melangkah ke tahap berikutnya. Aplikasi subwoofer yang tipis sehingga bisa diselipkan dibawah jok, tak mengganggu kapasitas bagasi dan kabin. Harganya mulai Rp 1,9 - Rp 3,1 juta. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil