Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Test Drive Chevrolet Spin

Kamis, 21 Maret 2013 16:02 WIB

First Drive Chevrolet Spin Diesel LT M/T, Berani Menantang Bensin

Penulis : Ilham | Foto : Ilham


Solo – β€œIni pakai mesin diesel?” Tanya kami dalam hati kala menjajal Spin Diesel LT M/T di ajang media test drive pekan ini. Pasalnya, setelah kami mencoba Spin versi bensin hari sebelumnya, kini giliran versi dieselnya yang siap kami jajal.

Dan setelah mesin menyala, suara mesin diesel yang identik dengan berisik dan bergetar tak kami alami saat berada di kabinnya. Cukup senyap dan minim getaran.

Keunggulan lain yang dihadirkan pada Spin Diesel LT terdapat pada panel indikator meter di balik setir. Dengan kawalan takometer besar dengan speedometer digital, membuatnya mudah terbaca dan menampilkan nuansa sporty nan modern.

Lanjut ke impresi berkendara, kesan pertama yang didapat dari Spin Diesel LT yang hanya ditawarkan dalam varian manual 5-speed ini adalah tarikannya yang baik diputaran bawah. Agak berbeda dengan performa mesin 1.5 liter bensinnya, yang lebih cocok sebagai mobil dalam kota.

Kecilnya tenaga yang ditawarkan mesin turbodiesel 1.3 liter yang hanya 75 dk dapat diatasi dengan aplikasi turbo yang menghasilkan angka torsi yang mencapai 190 Nm pada kisaran 1.750 – 2.500 rpm, atau terbesar di keluarga Spin.

Saat kami mencapai kondisi jalan berbukit di wilayah Ketep Pass, Magelang kemampuan mobil terasa mantap saat tanjakan dengan cukup memainkan posisi gigi 1 dan 2. Bahkan untuk menyalip kendaraan pikap atau truk yang banyak berseliweran di lintasan pegunungan tersebut, kami cukup pede akan kemampuannya.

Dilintasan tersebut, terbukti kemampuan handling dan suspensi Spin Diesel LT yang cukup mantap dijalan berlubang.

Sayangnya, sistem rem Spin Diesel LT belum dilengkapi dengan ABS dan EBD, sehingga saat turunan, kaki sedikit harus menginjak pedal rem cukup dalam.

Toh demikian, distribusi bobot pengereman tetap terjaga berkat aplikasi sistem LSVP (Load Sencing Proportional Valve). Layaknya EBD, fitur ini memiliki fungsi mengatur pembagian bobot pengereman roda depan dan belakang, hanya saja sistemnya masih mekanis dan terpisah dengan sistem ECU.

Dan seperti versi bensinnya, posisi dan lebarnya pilar A cukup mengganggu pandangan dengan menghasilkan blind spot yang besar.  Jadi wajib waspada kala putar balik, atau parkir.

Kesimpulan setelah menjajal Spin Diesel LT yang ditawarkan dengan harga Rp 179,7 juta mampu menghadirkan sensasi berkendara khas mesin diesel dengan torsinya yang besar. Namun buat yang mengincar transmisi otomatisnya wajib bersabar, karena PT GM Indonesia belum berminat menghadirkannya dalam waktu dekat ini.(mobil.otomotifnet.com)


Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage