Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Test Drive Chevrolet Spin

Jumat, 22 Maret 2013 09:30 WIB

Jajal Jadi Penumpang di Chevrolet Spin LT, Duh Masih Sempit

Penulis : Ilham | Foto : Ilham


Solo – Puas menguji kemampuan mesin diesel dan bensinnya, kini giliran kami mencoba kenyamanan kabin. Untuk merasakan sejauh mana kemampuan akomodasi Spin LT, Otomotifnet.com duduk di jok baris kedua dan tiga.

Masuk ke dalam kabin, Otomotifnet.com yang memiliki tinggi 172 cm merasa cukup sempit terutama pada bagian ruang kaki. Maklum, kursi bagian tengah hanya bisa dilipat untuk akses keluar-masuk baris belakang. Dan bagian bawah jok tak bisa digeser ke depan atau belakang.

Selain itu derajat kemiringan sandaran punggung jok tengah masih tergolong tegak, jadi kurang nyaman untuk bepergian terlalu jauh atau buat penumpang yang berniat rebahan di jok tengah. Tak hanya itu, tonjolan di bagian tengah pada jok baris tengah yang memiliki bagian lipat 60:40 ini cukup mengganggu, terutama saat jok tengah diisi full oleh tiga penumpang.

Untungnya, kelemahan ini bisa dikurangi dengan ukuran busa jok yang cukup tebal. Tak hanya itu, meski termasuk MPV atap rendah namun ruang kepala Spin terbilang lega. Ini berkat aplikasi blower AC yang tertanam pada plafon, bukan blower menonjol seperti kompetitornya.

Lalu desain posisi jok yang mengaplikasi theater view membuat pandangan penumpang depan cukup luas ke depan. Ruang akomodasi jok tengah Spin LT dikawal oleh laci di tiap sisi pintu dan kantung barang di bagian belakang jok depan.

Beralih ke jok baris ke-3, di sini ruang kaki kami rasa lebih sempit lagi ketimbang jok tengah. Lutut kami mentok saat duduk menghadap depan. Jadi terpaksa duduk dalam posisi menyerong. Ukuran jok belakang yang ‘kompak’ bisa mengangkut dua penumpang dewasa dengan ruang bahu yang nyaris berdempetan.  Tentu kurang nyaman kalau menjadi penumpang saat berjalan jauh.

Tak melulu mengeluh, kualitas suspensi yang baik dan stabil tak membuat kami mental-mentul di jok belakang menjadi keunggulannya. Selain itu, adanya kisi AC di jok baris ke-3 dan tingkat kesenyapan kabin yang baik patut diacungi jempol sebagai penunjang kenyamanan.

Menariknya lagi, tiap sisi baris terakhir juga terdapat kompartemen serba guna yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat botol minum atau lainnya.

Terakhir, kami juga menguji volume bagasi Spin LT. Saat jok baris ke-3 masih dipasang, ruang bagasinya cukup untuk menampung tiga ransel besar. Tentu saja kapasitas angkut bertambah saat jok baris belakang dilipat. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here