Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Kamis, 25 April 2013 10:02 WIB

Atasi Kepet Toyota Innova Sobek, Pakai Kapas untuk Kepet

Penulis : Agin | Foto : Agin


Pernah melihat kepet roda yang mulai terlepas? Memang enggak terlalu mengganggu. Paling, bodi bakal lebih cepat kotor kalau lewat genangan air. Namun, bukan berarti didiamkan dong. Biasanya, kepet sobek gara-gara kena pembatas atau trotoar saat parkir. Padahal, membetulkannya gampang loh.

OTOMOTIF kebetulan melihat pada Toyota Kijang Innova keluaran 2008 milik sahabat yang sudah terlanjur robek. Ganti baru, tentu solusi paling mudah. Di pasaran onderdil aftermarket, kepet untuk Kijang Innova dijual seharga Rp 200 ribu per set, sebanyak 4 buah, atau bisa beli satuan seharga Rp 90 ribu.

Namun, ada cara mudah dan murah meriah kalau ingin membetulkan sendiri. Pertama, mesti menyiapkan bahan dan alatnya terlebih dahulu, cukup cari lem semisal Power Glue yang dijual di kisaran Rp 10 ribu dan sedikit kapas kecantikan (gbr.1), sementara melepasnya hanya butuh sebuah kunci 10 mm.

Kepet mesti dilepas terlebih dahulu, tinggal buka 3 buah baut penguncinya pakai kunci 10 mm (gbr.2). Lalu, lepas dan bersihkan kepet agar tidak ada kotoran yang tertinggal. Soalnya, kotoran atau debu yang tertinggal bisa membuat proses perekatan tidak sempurna. Lem pun ogah menempel.

Tuang lem secukupnya di sepanjang jalur robekan, dan rekatkan kepet. Sebelumnya, di antara sobekan letakkan sedikit kapas kecantikan (gbr.3). Kapas ini berguna untuk menambah daya rekat lem. Taruh kapas secukupnya, lalu tuang lem serbaguna lagi sampai seluruh kapas basah dan serabut yang tersisa tidak ada lagi.

Biar lebih yakin, enggak ada salahnya juga taruh sedikit kapas di bekas robekan, lalu siram dengan sedikit lem serbaguna. Jadi, enggak hanya menempel sempurna di bagian robekan, tapi juga diperkuat dari luar. Next, tinggal tunggu beberapa menit sampai lem benar-benar kering sempurna (gbr.4). Biasanya antara 5 sampai 8 menit.

Sekarang, enggak khawatir bodi gampang kotor lagi kan kalau kepet menempel dengan baik. (mobil.otomotifnet.com)

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil