Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Bursa Mobkas

Selasa, 30 April 2013 10:10 WIB

Mengenal Toyota Great Corolla 1.6 SE.G M/T 1992

Penulis : Tim OTOMOTIF | Foto : Kyn


Rasanya memang pantas kalau berbicara mengenai sedan Jepang yang paling legendaris dan juga terkenal hingga saat ini, bisa dipastikan nama Toyota Great Corolla akan termasuk di dalamnya. Toyota Great Corolla yang mulai dijual di Indonesia mulai tahun 1992 hingga tahun 1996 ini masih laris manis di pasaran mobkas sampai sekarang.

Spesifikasinya sendiri Greco, panggilan akrabnya, dibekali dengan mesin generasi 4A yang terkenal bandel dan mudah perawatannya. Mesin 4AF-E dengan konfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.600 cc memang cukup mumpuni dan jarang bermasalah berat. Selain itu spare parts juga cukup mudah didapat dan tidak terlalu mahal.

Bisa dibilang, Greco adalah salah satu model Corolla yang paling berhasil terutama di Indonesia selain Corolla DX dan Corolla Twincam. Di pasaran mobkas pun harganya terbilang stabil. Semisal untuk yang tahun 1992, harganya rata-rata masih di kisaran Rp 50 jutaan. Sementara itu untuk racikan tahun 1996 masih di kisaran Rp 65 juta hingga Rp 70 jutaan.

“Menyoal konsumsi bahan bakar, Saya pakai harian rata-rata sekitar 1 liter untuk 8 km pemakaian dalam kota. Sedangkan keluar kota bisa sekitar 1 liter untuk 9 km,” ujar Frans Ruffino, karyawan di sebuah perusahaan TV Swasta di Jakarta. Frans mempunyai cerita menarik ketika kepincut Greco. “Saya perlu pendekatan selama enam bulan dulu ke pemilik sebelumnya,”ujarnya sambil tersenyum.

Sementara itu menurut Edwin dari Anugerah Motor yang merupakan bengkel sekaligus toko spare parts khusus Greco di MGK, Kemayoran, bahwa Greco minim perawatan. “Merawat Greco mudah selama servis rutin diperhatikan, pasti mobil ini jarang rusak,” bilangnya.

Penyakit khas Greco biasanya ada di selang hi-press power steering, motor extra fan, engine mounting, power window sisi driver, sampai ke kisi-kisi AC yang patah. “Semuanya itu biasanya karena faktor usia pakai dan juga tergantung dari perawatan pemiliknya,” jelas Edwin lagi. (mobil.otomotifnet.com)

KELEBIHAN

1. Resale value
2. stabil pada periode tertentu
3. Komponen mudah didapat
4. Mudah dalam pengendalian

KEKURANGAN

1. Perhatikan power window sisi kemudi
2. Jangan lupa perawatan pada motor extra fan
3. Amati selang hi-press power steering

Menakar Biaya Servis

Agar Anda mampu menakar kemampuan merawat Greco, ada baiknya perhatikan estimasi biaya yang harus dikeluarkan pada saat servis. Toyota Great Corolla jika merujuk pada buku servis maka servis berkala harus dilakukan setiap 5.000 km. Setiap 5.000 km, oli mesin harus diganti, alangkah baiknya jika dibarengi dengan filter oli yang juga diganti.

Selanjutnya setiap 20.000 km, selain oli mesin dan filter oli, sebaiknya busi, filter udara, dan filter bensin juga diganti. Nah, biaya jasa tune-up di Anugerah Motor adalah Rp 100 ribu. Sedangkan kalau jasa turun setengah mesin mencapai Rp 600 ribu.

 Daftar Fast Moving

Filter oli Rp. 40.000
Filter udara Rp. 70.000
Filter bensin Rp. 125.000
Busi Rp. 15.000/piece x4
Tierod end Rp. 145.000/set
Long tierod Rp. 220.000/set
Sokbreker depan Rp. 850.000/set
sokbreker belakang Rp. 850.000/set

Sumber: Anugerah Motor, MGK Krmayoran, Lantai 5 blok C6 No. 5 Kemayoran, Jakarta Pusat. Telp 021-97078388

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage