Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Jumat, 03 Mei 2013 07:03 WIB

Ragam Lampu Baca Kabin, Biar Enggak Kayak Aquarium

Penulis : DIC | Foto : Andika


Hal yang kerap dilakukan penumpang saat lagi suntuk, kalau enggak tiduran, ya baca buku, koran atau majalah. Apalagi bila perjalanannya jauh dan memakan waktu lama. Tentunya, menghilangkan suntuk tersebut (membaca), butuh penerangan yang mumpuni, terutama di malam hari. Ujung-ujungnya, lampu kabin kadang dinyalain.

Mungkin bagi sebagian yang jadi driver, hidupnya lampu kabin tidak mengganggu aktivitas mengemudi. Tapi ada juga yang suka risih loh. “Iya tuh, jadi kayak aquarium lah,” celetuk Umi,  pengendara Daihatsu Xenia Xi asal Depok, Jabar.

Nah, bila tidak mau risih, pasang saja lampu baca tambahan. Terlebih untuk mobil yang belum dilengkapi opsi reading lamp. Di pasaran ada beberapa pilihan yang bisa diaplikasi. Ada yang modelnya terintegrasi dengan roof console variasi, ada juga model tanam alias dipantek.

Atau kalau mau yang lebih simple, bisa cari jenis portable dengan memanfaatkan arus dari lighter. Misalnya kayak merek R Sport XB-518B dan XB-523. “Tiang lampunya fleksibel, bisa digerakkan ke berbagai arah. Lampunya jenis LED. Untuk tipe XB-518B Rp 85 ribu, sedang XB 523 lebih mahal Rp 10 ribu karena ada reflektornya,” bilang Beby dari Dysun Accessories di Plaza Atrium Lt.5 blok A 47, Senen, Jakpus.

Tapi kerena tiang model ini umumnya tidak terlalu panjang, akan lebih cocok dipasang di kabin yang posisi soket lighter agak tinggi. Lalu ada juga reading lamp portable yang sistem pasangnya dijepit ke seatbelt atau di media bacaan. Sayangnya, model ini masih agak sulit ditemui nih.

Oh iya, untuk model console umumnya lampu bacanya bisa digerakkan sesuai keinginan dengan arah sorot fokus ke satu titik. Sehingga kabin tidak terang di semua bagian. Misalnya di pasaran yang lumayan banyak terlihat yakni buat Avanza-Xenia dan Toyota Kijang Innova.

“Saya belinya di dealer. Udah ada lama kok. Banderolnya sekitar Rp 180 ribuan. Enggak ada mereknya,” tukas Primawan dari Sawangan, Depok yang sempat mengaplikasinya di Xenia Xi miliknya.

Sementara jenis tanam ke bodi, biasanya bentuknya panjang pakai tiang fleksibel, sehingga bisa dibengkokkan ke berbagai arah. Jenis ini bisa dipasang di pilar tengah maupun belakang. Produk yang ada di pasaran seperti merek Hella seharga Rp 250 ribuan. Ada juga versi murah meriahnya buatan Cina dan Taiwan seharga Rp 75 ribu. Bohlampnya ada model biasa, dan ada juga yang jenis LED. (mobil.otomotifnet.com) 

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil