Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Jumat, 03 Mei 2013 17:04 WIB

Colok G Scan KIA Rio, Berasa Ganti Karakter

Penulis : Fend | Foto : DOK. OTOMOTIF


Kebanyakan pemilik mobil baru, mencari info lebih jauh mengenai kendaraannya melalui jejaring sosial media. Siapa tahu ada info menarik yang dapat menambah pengetahuan, baik mengenai tips mendadani penampilan eksterior dan interior, menambah tenaga, info kegiatan klub ataupun komunitas dan sebagainya.

Seperti dilakukan Kodrat Arif Kuncoro, pemilik All New Kia Rio matik keluaran 2012. Di situs sosial media tersohor, ia menemukan info mengenai adanya update ECU (Engine Control Unit) bagi pemilik All New Rio yang dilakukan oleh bengkel resmi (beres) Kia.

Disarankan pemilik All New Rio melakukan konsultasi dengan kepala bengkel Kia supaya dilakukan update seusai ID Room dan ECU yang cocok.

"Tergantung pemilik mobil, merasa kurang di mana. Ada yang tenaganya, mesin ngelitik, bahan bakarnya boros dan sebagainya," ujar Kodjang, panggilan Kodrat Arif Kuncoro yang segera mengontak beres terdekat.

Don Azwar, ketua komunitas Korea Otomotif Indonesia (KOI), yang biasa diajak konsultasi oleh pemilik mobil asal Korea, menyebut program itu sudah ada sejak awal Rio muncul. “Di kalangan member KOI, sebutan lainnya remap atau upgrade ECU biar lebih keren.”

PT Kia Mobil Indonesia (KMI) menjelaskan, bahwa pihaknya memiliki dua alat yang menjadi standar tool Kia: GDS (Global Diagnostic System) dan G Scan.

Salah satu fungsi Diagnostic Tool Kia, untuk meng-update software ECU, tujuannya antara lain berkaitan dengan kualitas dan RON bahan bakar. Seperti menghilangkan/mengurangi gejala knocking (ngelitik) pada mesin.

Juga pengaturan logic control unit untuk mendapatkan power mesin yang lebih baik dan bahan bakar ekonomis. Tujuan upgrade, mengatur logic control unit dengan control unit AC, seperti dilakukan pada All New Rio.

"Tidak semua kendaraan harus dilakukan upgrade ECU. Kami harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, meliputi pemeriksaan ID Room dan ECU, apakah ID Room sudah versi terakhir atau belum. Lalu menganalisis gejala apakah berkaitan dengan sistem lain," ujar Zulhery Zoebir, Operation Manager PT KMI.

Proses upgrade ECU pada All New Rio bisa dilakukan dengan alat GDS dan G Scan. GDS secara otomatis melakukan upgrade. Bila sukses, ID Room akan berubah ke versi baru.

"Iya. Mobil saya dicolokkan alat GDS dan G Scan. Ada beberapa program buat settingan ECU, low octane, performa dan lainnya. Prosesnya setengah jam dan gratis karena masih dalam masa garansi," cerita Kodjang.

Saat itu, pria yang gemar mengenakan pakaian hitam ini mengeluhkan pemakaian bahan bakarnya boros. Tetapi bisa saja pemilik All New Rio lain tidak merasakan hal demikian, tergantung dari kebiasaan dalam berkendara. Kalau memang tidak merasakan ada keluhan, enggak perlu juga upgrade ECU toh.

Nah, buat pemilik All New Rio, jika merasa ada sesuatu yang kurang terhadap mobilnya, bisa konsultasikan ke bengkel resmi Kia. (mobil.otomotifnet.com) 

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here