Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Tips Mobil

Kamis, 27 Juni 2013 19:22 WIB

Pasang Jam Digital Daihatsu Xenia Xi, Cuma Sambung 4 Kabel

Penulis : DIC | Foto : Andika


Bisa pakai punya Xenia Xi Sporty atau milik Toyota Avanza yang ada fitur tanggal/date-nya (gbr.1)

Ada pepatah menyebutkan Waktu Adalah Uang. Makanya tak ada salahnya kita harus sering-sering melihat jam, guna mengingat akan waktu. Itu lah mengapa pada kendaraan-kendaraan keluaran sekarang, fitur jam (format digital) menjadi kelengkapan tambahan. Agar penumpangnya bisa selalu memantau waktu.

Tapi bagi yang belum dilengkapi fitur ini, tak perlu memble. Kan ada variasinya di pasaran yang bisa diaplikasi. Atau tebus milik varian yang sudah mengusung jam digital. Contohnya Daihatsu Xenia Xi Deluxe yang aslinya belum dilengkapi jam digital di bawah head unitnya. “Bisa pakai punya Xenia Xi Sporty atau milik Toyota Avanza yang ada fitur tanggal/date-nya (gbr.1),” bilang Primawan, warga Depok, Jabar yang sudah mengaplikasi.

Banderolnya gak begitu mahal kok, berkisar Rp 160 ribu – Rp 250 ribu (merek Type R). Biasanya itu sudah berikut pasang. Tapi kalau mau pasang sendiri sih boleh-boleh saja. Toh, caranya enggak susah, "Cuma perlu menyambungkan 4 buah kabel dari jam digital (merah, hijau, kuning dan hitam strip merah) ke kabel bodi yang ada di balik panel tengah," tukas Primawan.


 
tanggalkan dulu konsol tengah dasbor dengan cara melepas 1 buah baut colok plastik yang ada di balik laci asbak rokok (gbr.2)
Usai konsol terlepas, cabut semua soket kabel yang terhubung ke beberapa switch yang ada di konsol (gbr.3)
langsung saja sambungkan kabel merah dari jam digital ke kabel bodi yang selalu 12 Volt, walau kunci kontak dalam posisi locked/Off), yakni pada kabel warna hitam strip merah. Untuk memastikannya, kelet sedikit bungkus kabel pakai cutter lalu gunakan tespen 12 Volt (gbr.4).
Beres deh, tinggal pasang jam digital pada dudukannya yang sudah tersedia (gbr.5)
 


Tapi sebelumnya, tanggalkan dulu konsol tengah dasbor dengan cara melepas 1 buah baut colok plastik yang ada di balik laci asbak rokok (gbr.2). Usai konsol terlepas, cabut semua soket kabel yang terhubung ke beberapa switch yang ada di konsol (gbr.3) guna memudahkan penyambungan kabel.

Jika sudah, langsung saja sambungkan kabel merah dari jam digital ke kabel bodi yang selalu 12 Volt, walau kunci kontak dalam posisi locked/Off), yakni pada kabel warna hitam strip merah. Untuk memastikannya, kelet sedikit bungkus kabel pakai cutter lalu gunakan tespen 12 Volt (gbr.4).

Sementara kabel hijau dari jam ke kabel bodi yang 12 Volt saat kunci kontak diputar ke posisi ACC. Yakni kabel warna biru strip merah yang menuju ke lighter. Terus, kabel merah/hitam dari jam disambung ke kabel massa pada kabel lighter (putih strip hitam). Sedang kabel kuning dari jam ke kabel bodi yang 12 Volt saat lampu senja dinyalakan, yaitu kabel warna merah strip biru.

Beres deh, tinggal pasang jam digital pada dudukannya yang sudah tersedia (gbr.5) usai melepas cover penutupnya. Lalu coba tes menyalakannya, mulai dari kontak diputar ke posisi ACC, hidupkan mesin hingga lampu senja diaktifkan. (mobil.otomotifnet.com) 

Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

mobilimage