Mobil - otomotifnet.com

LAST UPDATE

Suzuki Mobil Indonesia

Sabtu, 28 September 2013 09:01 WIB

First Drive Suzuki Wagon R GX, Mirip Karimun Generasi Awal

Penulis : Manut | Teks Editor : Bastian



Jakarta - Meski belum dijual di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, namun pada booth Suzuki sudah terpajang Karimun Wagon R. Citycar inilah yang digadang-gadang sebagai andalan Suzuki untuk skema mobil murah ramah lingkungan (LCGC). Nah, kalau penasaran bagaimana rasanya mobil yang kabarnya akan diluncurkan akhir tahun ini, bisa menjajalnya langsung di area test drive IIMS. 

OTOMOTIFNET pun tidak melewatkan kesempatan untuk mencoba mobil imut yang mampu menampung lima penumpang ini. Bagaimana impresi pertama ketika berdiri di sampingnya? Bisa dikatakan mirip dengan pendahulunya, Karimun generasi pertama. 


Pun demikian ketika melihat ke dalam kabin, konfigurasi kursi dengan ruang kepala yang lega langsung menyapa. Duduk di kursi pengemudi, tester OTOMOTIFNET yang cukup jangkung dengan postur 185 cm masih merasakan plafon yang cukup tinggi.
 
Melihat dasbor, tampak sederhana. Kualitas bahannya pun tidak bisa dibilang mewah. Namun pada unit yang dicoba, yaitu Karimun Wagon R GX, fiturnya sudah cukup komplet. Seperti audio dengan head unit Double DIN, lengkap dengan soket USB dan auxiliary. Power window hanya untuk kaca depan, dengan auto down buat sisi pengemudi. 

Sebelum jalan, mencoba masuk ke belakang, ruang kaki cukup lega. Jok belakang menyambung, sandaran tidak terpisah untuk sebelah kiri dan kanan. Sedangkan ruang bagasi tampak lumayan besar, khas mobil city car. 

Putar kunci kontak dan hidupkan mesin, dapur pacu tiga silinder langsung merespon. Yap, konfigurasi mesinnya tiga silinder segaris berkapasitas 998 cc dan menghasilkan tenaga 67 dk dengan torsi maksimum 90 Nm. Ciri khas mesin tiga silinder berupa getaran saat stasioner cukup terasa. Namun, begitu diajak jalan baru terasa nikmatnya. Torsi cukup besar di putaran relatif rendah bikin tarikan cukup padat.
 
Sayang, lokasi test drive IIMS hanya seputar parkiran gedung JIExpo, sehingga tidak bisa mengekstrak seluruh kemampuannya. Namun untuk merasakan kelincahan Karimun Wagon R, sudah lebih dari cukup. Radius putar kecil dengan setir ringan, membuatnya mudah untuk parkir dan bergerak di jalan sempit. Sayang, hanya tersedia versi manual. Coba ada yang otomatis, pasti lebih menarik lagi! (mobil.otomotifnet.com)




Data Spesikasi Suzuki Karimun Wagon R GX

Dimensi PxLxT   : 3.600 x 1.475 x 1.700 mm
Wheelbase  : 2.400 mm
Berat kotor  : 1.350 Kg
Radius Putar Minimum : 4.600 mm
Ground Clearance : 170 mm
Mesin   : K10B, tiga silinder segaris
Kapasitas  : 998 cc
Diameter x langkah  : 73.0 x 79.5 mm
Tenaga Maksimum : 67 dk/6,200 rpm 
Torsi Maksimum : 90Nm/3,500rpm
Suplai Bahan Bakar : Injeksi
Tangki bahan bakar  : 35 liter
Transmisi : Manual, 5 percepatan
Kemudi  : Rack and Pinion
Rem Depan  : Ventilated disc
Rem Belakang  : Teromol
Suspensi Depan  : MacPherson strut with coil spring
Suspensi Belakang   : 3-Link rigid with coil spring
Ukuran Ban  : 145/80R13



Berita Terkait

mobiltv

JW Player goes here

Forum Mobil